Sukses

Cecil Yang Rilis Single Debut Hip Hop Berjudul '321 (I'm Callin)', Angkat Tema Self Love

Berbicara tentang lagunya, gadis yang lahir pada 12 November 1998 ini mengungkapkan bahwa '321 (I'm Callin')' awalnya tidak direncanakan sebagai lagu debut.

Liputan6.com, Jakarta Jumlah rapper perempuan di industri musik Indonesia masih sangat terbatas. Namun, meskipun masih menjadi minoritas, Celine Yang berusaha memberikan nuansa baru melalui karya lagunya.

Rapper wanita ini bergabung dengan sublabel Sony Music Entertainment Indonesia, Floor Inc, dan merilis single debut berjudul '321 (I'm Callin')' dengan lirik yang ia tulis sendiri dan melodi yang diciptakan oleh Gamaliel GAC.

Berbicara tentang lagunya, gadis yang lahir pada 12 November 1998 ini mengungkapkan bahwa '321 (I'm Callin')' awalnya tidak direncanakan sebagai lagu debut. Namun, karena lagu pertama dianggap kurang sesuai, Cecil kemudian mencoba menulis lagu kedua yang akhirnya menjadi single ini.

"Lagu ini mulai dikerjakan sejak bulan April. Ada beberapa perubahan pada beat karena aku merasa kurang cocok ketika digabungkan dengan notasi dan lirik," kata Cecil dalam keterangannya kepada media baru-baru ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Proses Pembuatan

Selain itu, proses pembuatannya sendiri memakan waktu sekitar satu bulan. Cecil merasa cukup puas dan bangga ketika mendengar hasil dari lagu yang ia tulis tersebut. Ia merasakan sesuatu yang benar-benar berbeda.

"Ini benar-benar berbeda dari apa yang selama ini aku nyanyikan. Alasan aku memilih lagu ini sebagai single debut adalah karena aku senang mencoba hal baru dan menantang diri sendiri. Di single '321 (I'm Callin')', aku merasakan semua itu," jelasnya.

Walaupun Cecil bukanlah penyanyi baru di dunia hip-hop, tantangan tetap ia rasakan saat menggarap lagu pertamanya di bawah label Floor Inc ini. Salah satunya adalah harus mengubah gaya rap yang selama ini ia gunakan.

"Di sini, aku harus sedikit mengubah gaya rap-ku yang lama. Jika sebelumnya aku biasa menggunakan nada-nada rendah untuk rap dan liriknya agak kasar, sekarang semuanya dimodifikasi sedikit," ujarnya.

"Selama ini, aku menerima banyak kritik dan semuanya coba aku olah di sini. Bukan hal yang mudah, tapi aku berhasil melakukannya. Selain itu, aku juga mencoba musik yang baru sehingga butuh sedikit adaptasi," tambah Cecil.

3 dari 3 halaman

Pesan Self Love

Menurutnya, meskipun bergenre rap, pesan yang ingin ia sampaikan melalui '321 (I'm Callin')' dapat diterima oleh siapa pun, terutama perempuan. Pesan utama Celin Yang adalah pentingnya mencintai diri sendiri.

"Pesanku adalah kita sebagai perempuan harus memiliki self-love karena jika bukan kita, siapa lagi yang akan mencintai diri kita? Rasa cinta terhadap diri sendiri juga yang membuatku bangga sebagai rapper perempuan di Indonesia, karena kami bisa berkarya dengan bebas dan mendapatkan banyak dukungan," ujarnya.

Single debut Célin Yang, '321 (I'm Callin')' dapat didengarkan di platform musik digital mulai 26 September 2024. Ia berharap dapat lebih memperkenalkan genre Hip-Hop kepada masyarakat luas.

"Aku ingin membuat hip-hop lebih terdengar dan tidak hanya 'dari kita, untuk kita', alias hanya dinikmati oleh kelompok tertentu saja. Aku ingin hip-hop tidak lagi menjadi genre musik minoritas, tetapi bisa bersaing dengan pop, ballad, atau semua genre musik yang sedang populer," jelasnya.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.