Sukses

8 Ciri Orang Munafik yang Tampak Bersikap Baik, Segala Tentangnya Penuh Kepalsuan

Ini dia beberapa tanda seseorang berpura-pura baik, tetapi sebenarnya munafik.

Liputan6.com, Jakarta Dalam keseharian, kita kerap berinteraksi dengan berbagai macam individu. Sebagian dari mereka mungkin terlihat ramah dan baik hati di luar, namun sebenarnya menyimpan sifat-sifat toxic dan munafik yang bisa merusak hubungan sosial atau bahkan merugikan orang lain.

Oleh sebab itu, kemampuan mengenali tanda-tanda orang munafik menjadi penting agar kita dapat menjaga kesehatan mental dan emosional diri kita sendiri. Sering kali, kita dapat mengenali tanda-tanda dari sikap atau perilaku mereka.

Meskipun mereka berusaha tampil baik, secerdik apa pun dalam menyembunyikan kepalsuan, hal itu tetap akan terlihat. Berikut adalah beberapa tanda orang yang toxic dan munafik meskipun mereka berusaha tampak baik yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (27/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Manipulatif

Orang yang sejatinya munafik sering kali bersifat manipulatif. Mereka mahir berbicara dan berusaha memengaruhi emosi orang lain, seperti dengan mengarahkan opini atau memberikan pernyataan yang memicu prasangka buruk terhadap orang lain.

Mereka mungkin juga menggunakan pujian atau perhatian yang tampaknya tulus untuk meraih kepercayaan dan kebaikanmu, namun pada akhirnya hanya memanfaatkanmu atau menggunakan kebaikanmu untuk keuntungan pribadi mereka.

3 dari 9 halaman

2. Playing Victim

Bersikap seolah-olah selalu menjadi korban adalah salah satu tanda orang yang munafik namun berusaha tampil baik. Dia sering menempatkan dirinya sebagai yang paling menderita atau terluka, padahal sebenarnya dia yang bersalah.

Dia mencoba membangun narasi yang menyedihkan untuk mendapatkan simpati dari orang lain. Oleh karena itu, ketika ada masalah, penting untuk mendengarkan cerita dari berbagai sisi. Orang seperti ini juga cenderung lebih suka menyalahkan orang lain atas kesulitannya.

4 dari 9 halaman

3. Mendekat untuk Menjatuhkan

Orang yang berpura-pura baik namun sebenarnya munafik cenderung merendahkan orang lain dengan cara yang halus. Mereka mungkin memberikan pujian yang disertai kritik tersembunyi atau membuat komentar yang merusak kepercayaan diri orang lain. Walaupun mereka tampak mendukung dan mendekat sebagai teman baik yang hadir saat kamu butuhkan, nyatanya tindakan mereka bertujuan untuk membuatmu merasa tidak berharga atau rendah diri.

5 dari 9 halaman

4. Tidak Konsisten dalam Perilaku

Orang-orang yang toxic dan munafik sering menunjukkan sikap yang tidak konsisten. Mereka mungkin tampak sangat baik dan penuh perhatian pada suatu saat, namun tiba-tiba menjadi dingin atau kasar tanpa alasan yang jelas.

Mereka akan mendekat saat "kamu menguntungkan bagi mereka", tetapi menjauh dan berpura-pura tidak mengenalmu ketika "tidak lagi membutuhkanmu". Jangan bingung dengan perubahan perilaku yang mendadak ini, karena itu menandakan bahwa mereka tidak benar-benar tulus.

6 dari 9 halaman

5. Suka Menghakimi

Individu yang bersifat toxic dan munafik sering kali gemar mengkritik dan merendahkan orang lain karena mereka merasa perlu untuk tampak lebih baik dibandingkan orang lain. Meskipun ucapannya mungkin terdengar lembut dan sopan, bahkan disertai senyuman, sebenarnya ia ingin menunjukkan superioritas dan dominasi agar bisa mengendalikan lingkungan sekitarnya.

Mereka selalu berusaha untuk terlihat membantu atau berkontribusi. Namun di balik itu, mereka mungkin menghakimi dan menyebarkan aib orang yang sedang mengalami kesulitan.

7 dari 9 halaman

6. Tidak Merasa Bersalah

Salah satu tanda bahwa seseorang memiliki hati yang buruk adalah ketidakmauan untuk mengakui kesalahan. Mereka tidak pernah merasa bersalah atas tindakan yang menyakiti, melukai, atau mengecewakan orang lain.

Meskipun orang lain sudah mempercayainya, dia justru meremehkan kepercayaan tersebut. Dia bahkan tidak segan menyalahkan orang lain atau membuat mereka merasa bersalah atas tindakannya sendiri. Orang seperti ini juga sering menghindari tanggung jawab dan menyebabkan lebih banyak masalah.

8 dari 9 halaman

7. Tidak Mampu Menerima Kritikan

Walaupun dia sering memberikan kritik kepada orang lain, namun ketika dia sendiri yang dikritik, dia justru marah. Orang ini tidak bisa menerima kritik yang ditujukan padanya. Dia mungkin akan bereaksi defensif atau merasa tersinggung saat menerima feedback atau saran dari orang lain.

Mereka cenderung mencari alasan dan pembelaan untuk membenarkan tindakannya. Ketidakmampuan menerima kritik ini menunjukkan bahwa kemungkinan besar dia hanya berpura-pura baik, padahal sebenarnya munafik.

 

 

9 dari 9 halaman

8. Berusaha Menjadi Pusat Perhatian

Sering kali, orang munafik berusaha untuk selalu menjadi pusat perhatian dengan cara yang berlebihan. Mereka melakukan ini untuk mengalihkan fokus dari ketidakjujuran mereka, berusaha tampil baik agar orang lain terkesan.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.