Sukses

Kebanyakan Tuang Garam? Ini 4 Trik Atasi Keasinan pada Kuah Gulai Tanpa Harus Ditambah Air

Ada satu bahan yang efektif untuk mengurangi rasa asin pada gulai.

Liputan6.com, Jakarta Gulai adalah salah satu hidangan tradisional yang sangat fleksibel karena bisa dibuat dengan berbagai jenis daging seperti sapi, kambing, atau ayam. Memasak gulai memerlukan perhatian ekstra, terutama dalam hal penambahan garam. Jika tidak berhati-hati, rasa gulai bisa menjadi terlalu asin. Masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan menambahkan air ke dalam kuah gulai.

Namun, seringkali tidak disadari bahwa penambahan air juga akan mengurangi konsentrasi bumbu-bumbu lainnya dalam gulai. Akibatnya, rasa gulai pada hasil racikan bumbu, menjadi kurang kaya dan kurang gurih.

Beruntung, seorang pengguna Instagram @cutliaafriana menemukan bahan khusus yang dapat mengurangi rasa asin pada gulai tanpa perlu menambahkan air. Dirangkum Liputan6.com dari Instagram @cutliaafriana pada Senin (28/10/2024), berikut bahan dan caranya.

2 dari 5 halaman

1. Tambahkan Kentang

Jadi, bahan yang dibutuhkan di sini hanya satu buah kentang saja. Ketika memasak gulai dan rasanya terlalu asin, cukup tambahkan satu kentang yang sudah dikupas dan dicuci bersih ke dalam gulai. 

3 dari 5 halaman

2. Kentang Dapat Menyerap Air

Secara alami, kentang tidak dapat menyerap garam atau rasa asin. Namun, kentang mampu menyerap air. Jadi, jika kuah gulai terasa terlalu asin, kentang akan menyerap kuah asin tersebut, yang pada akhirnya mengurangi rasa asinnya.

4 dari 5 halaman

3. Masukkan Gula

Selain kentang, gula juga cukup efektif untuk mengurangi rasa asin pada gulai. Namun, gula hanya mampu mengatasi keasinan yang ringan, bukan yang terlalu berlebihan.

5 dari 5 halaman

4. Pakai Santan

Jika kentang atau gula tidak tersedia, santan bisa menjadi alternatif yang baik untuk menetralkan rasa asin pada kuah gulai. Tambahkan dua hingga tiga sendok makan santan untuk mengurangi keasinan gulai.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence