Sukses

Keju Mozarella Homemade, Resep Mudah dan Bebas Tepung untuk Pemula

Membuat keju mozzarella sangat mudah tanpa menggunakan tepung. Berikut cara membuatnya.

Liputan6.com, Jakarta Keju mozarella semakin digemari oleh banyak orang, terutama di kalangan generasi muda, berkat popularitasnya yang terus meningkat dalam berbagai hidangan. Makanan seperti burger, corndog, mie goreng, dan ayam geprek sering kali menambahkan keju mozarella sebagai bahan utama karena kelezatan dan daya tariknya yang khas.

Keju ini dikenal dengan teksturnya yang lembut, mudah meleleh, dan dapat ditarik melar, memberikan sensasi unik yang berbeda dari jenis keju lainnya. Namun, harga keju mozarella yang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan keju cheddar sering kali menjadi kendala bagi mereka yang ingin menikmatinya secara rutin. 

Seorang pengguna TikTok dengan akun @masakmakanmacak telah berbagi cara membuat keju mozarella homemade yang mudah diikuti, bahkan untuk pemula sekalipun. Resep ini tidak hanya menawarkan alternatif yang lebih terjangkau, tetapi juga memungkinkan Anda untuk menikmati keju mozarella segar kapan saja, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(15/10/2024).

2 dari 6 halaman

1. Menggunakan Susu Sapi Murni

Panaskan satu liter susu sapi segar dalam wajan dengan api kecil. Hindari penggunaan susu UHT atau full cream. Aduk perlahan hingga suhu merata, jangan sampai melebihi 44-49°C.

3 dari 6 halaman

2. Tuangkan Asam Cuka

Ketika susu sudah mencapai suhu yang diinginkan, masukkan tujuh sendok makan cuka dapur ke dalam wajan. Aduk perlahan hingga susu mulai menggumpal.

4 dari 6 halaman

3. Gumpalan Diperas

Matikan kompor, lalu pindahkan semua gumpalan susu ke wadah saringan. Peras gumpalan tersebut hingga airnya keluar. Gumpalan ini adalah curd, yang akan diolah menjadi keju.

5 dari 6 halaman

4. Tambahkan Garam

Panaskan sisa susu dengan api kecil, tambahkan dua sendok makan garam, dan biarkan sampai hangat. Masukkan gumpalan keju dan biarkan selama delapan detik. Angkat keju dan peras tiga kali, pastikan bentuknya bulat pada perasan terakhir.

6 dari 6 halaman

5. Masukkan ke Air Dingin

Celupkan keju ke dalam air es selama tiga menit, lalu simpan dalam plastik yang tertutup rapat. Tempatkan di wadah kedap udara dan simpan di dalam kulkas. Setelah direndam, keju mozarella siap digunakan dengan tekstur yang lembut dan mudah meleleh.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence