Sukses

Panduan Lengkap, Membuat Tempe Goreng Renyah dengan Bumbu Meresap

Cara membuat tempe yang lezat dengan bumbu yang meresap sempurna sangatlah mudah.

Liputan6.com, Jakarta Tempe goreng merupakan salah satu hidangan tradisional yang telah lama menjadi favorit di berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Hidangan ini tidak hanya menawarkan rasa yang lezat dan tekstur yang renyah, tetapi juga kaya akan nutrisi, terutama protein dan kalsium, yang penting untuk kesehatan tubuh.

Dengan bahan baku yang mudah ditemukan dan harga yang terjangkau, tempe menjadi pilihan yang ideal untuk diolah menjadi berbagai macam sajian, termasuk tempe goreng yang menggugah selera. Proses pembuatan tempe goreng yang renyah dan bumbu yang meresap sebenarnya cukup sederhana, namun memerlukan beberapa trik khusus agar hasilnya maksimal.

Kanal YouTube Dapur Ummu Syazwan telah berbagi cara membuat tempe goreng yang sempurna, dengan bumbu yang meresap hingga ke dalam tempe. Dalam panduan ini, akan merangkum langkah-langkah penting yang perlu Anda ikuti untuk mendapatkan tempe goreng yang tidak hanya enak tetapi juga memiliki tekstur yang memuaskan, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (25/10/2024).

2 dari 6 halaman

1. Iris Tempe Menjadi Beberapa Bagian

Mulailah dengan menyiapkan selembar tempe, kemudian potong menjadi beberapa bagian. Ukuran potongan tempe bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Namun, untuk sensasi rasa yang maksimal, buatlah potongan yang cukup besar agar rempah-rempahnya dapat meresap dengan sempurna di lidah.

3 dari 6 halaman

2. Beri Garis Tipis pada Tempe

Selanjutnya, buatlah goresan tipis pada permukaan tempe dengan pisau agar bumbu bisa meresap dengan baik ke dalam tempe saat digoreng.

4 dari 6 halaman

3. Masukkan Tempe ke Bumbu

Langkah berikutnya adalah membuat campuran bumbu, yang terdiri dari:

  • Bawang putih yang telah dihaluskan, sebanyak 2 siung.
  • Ketumbar dalam bentuk bubuk.
  • Kunyit bubuk.
  • Garam sebanyak 1 sendok teh.
  • Penyedap rasa sebanyak 1 sendok teh.

Aduk semua bumbu dalam sebuah wadah, kemudian tambahkan air secukupnya hingga tercampur rata.

Selanjutnya, masukkan tempe satu per satu ke dalam campuran bumbu tersebut, pastikan setiap potongan tempe terendam secara merata.

5 dari 6 halaman

4. Tempe di Goreng

Panaskan minyak goreng dalam jumlah sedang, lalu masukkan tempe satu per satu ke dalam wajan. Goreng tempe hingga berwarna keemasan merata. Pastikan untuk membalik tempe agar matang sempurna di kedua sisi.

6 dari 6 halaman

5. Masukkan Bumbu ke Wajan

Setelah tempe setengah matang, masukkan campuran bumbu yang sebelumnya digunakan untuk melapisi tempe ke dalam wajan. Tujuannya adalah agar bumbu bisa meresap lebih dalam ke dalam tempe.

Selanjutnya, aduk terus tempe selama proses penggorengan hingga mencapai kematangan yang diinginkan dan berubah warna menjadi keemasan.

Jika sudah cukup matang, matikan api dan angkat tempe dari wajan. Kemudian, tiriskan. Sekarang, tempe goreng dengan tekstur renyah dan bumbu yang telah meresap siap dinikmati bersama sambal.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence