Sukses

9 Tanda Kamu Sehat Secara Mental, Salah Satunya Berani Berkata Tidak!

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Berikut ini adalah tanda-tanda bahwa kamu sehat secara mental!

Liputan6.com, Jakarta Sama pentingnya dengan kesehatan fisik, kesehatan mental juga harus dijaga dan dirawat dengan baik. Menurut laman resmi World Health Organization, kesehatan mental adalah keadaan kesejahteraan mental yang memungkinkan seseorang untuk mengatasi tekanan hidup, menyadari potensi diri, mampu beraktivitas dengan baik, dan dapat berkontribusi pada lingkungan sekitar.

Kondisi mental yang buruk dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti rasa takut berlebihan atau kecemasan yang tidak berkesudahan. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap individu untuk menjaga kesehatan mentalnya dan juga kesehatan mental orang lain. Menjadi sehat secara mental tidak berarti seseorang selalu merasa bahagia.

Seseorang yang sehat secara mental mampu memvalidasi perasaan dalam dirinya tanpa rasa takut. Berikut adalah tanda-tanda seseorang sehat secara mental, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (2/10/2024).

2 dari 4 halaman

Kesehatan Mental yang Baik

1. Menjaga mood yang positif

Individu dengan kesehatan mental yang baik umumnya memiliki pandangan hidup yang optimis. Mereka aktif berpartisipasi dalam aktivitas yang mereka nikmati dan memiliki selera humor yang baik.

2. Ketahanan emosional

Orang yang sehat secara mental mampu mengatasi stres dan cepat bangkit dari situasi yang membuat mereka terpuruk.

3. Menghargai diri sendiri

Salah satu tanda kesehatan mental yang baik adalah ketika seseorang memiliki pandangan positif terhadap dirinya sendiri. Mereka tidak lagi terlalu fokus pada kekurangan dan menerima diri mereka apa adanya.

3 dari 4 halaman

Tanda Kesehatan Mental Baik

4. Hubungan yang baik dengan orang lain

Ketika kondisi mental sehat, seseorang akan memiliki hubungan yang baik dengan orang lain karena mampu berkomunikasi dengan efektif. Mereka juga bisa memahami perasaan orang lain dengan baik.

5. Merawat diri sendiri

Tidak hanya berdampak pada orang lain, seseorang yang sehat secara mental juga mampu memperhatikan kebutuhan dirinya sendiri. Mereka dapat memenuhi kebutuhan fisik dan psikis dengan baik, seperti makan makanan bergizi, tidur cukup, dan mencari hiburan untuk diri sendiri.

6. Produktif

Seseorang dengan kesehatan mental yang baik mampu menjaga tingkat produktivitasnya, baik dalam pekerjaan maupun kepentingan pribadi. Tujuan yang jelas membantu mereka mencapai tingkat produktivitas yang optimal.

4 dari 4 halaman

Tanda Anda Sehat Secara Mental

7. Fleksibilitas

Kemampuan beradaptasi dengan lingkungan sekitar adalah salah satu tanda seseorang sehat secara mental. Mereka mudah beradaptasi dengan tantangan baru dan dapat melihat situasi dari berbagai perspektif.

8. Mampu meminta bantuan

Seseorang yang sehat secara mental tidak berarti tidak membutuhkan bantuan orang lain. Saat menghadapi kesulitan, mereka tidak ragu meminta bantuan. Mereka fokus pada solusi masalah tanpa takut terhadap anggapan orang lain.

9. Berani mengatakan "tidak"

Orang dengan kesehatan mental yang baik dapat menetapkan batasan yang sehat, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Salah satu bentuknya adalah berani mengatakan "tidak" jika diperlukan. Mereka memahami batas kemampuan diri dan tidak merasa bersalah jika harus menolak di situasi tertentu.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.