Sukses

Pakai Sedikit Minyak, Ini 4 Tips Praktis Masak Telur Ceplok yang Lembut dan Lebih Sehat

Selain praktis dalam persiapan, telur mata sapi menjadi salah satu sumber protein yang lezat dan pas disantap hanya dengan nasi hangat dan kecap manis.

Liputan6.com, Jakarta Walaupun tampak mudah, banyak orang gemar menikmati hidangan telur mata sapi. Selain praktis dalam persiapan, telur mata sapi menjadi salah satu sumber protein yang lezat dan pas disantap hanya dengan nasi hangat dan kecap manis.

Terdapat dua jenis telur mata sapi, yakni yang renyah dan yang lembut. Bagi pecinta telur mata sapi dengan tekstur basah dan lembut, Anda  bisa mencoba metode dari akun Instagram @ummubalqisaura.

Dengan menggunakan sedikit minyak, telur mata sapi yang dimasak dengan cara ini bisa dikatakan lebih rendah kalori. Penasaran dengan caranya? Berikut adalah langkah-langkahnya, dirangkum Liputan6.com dari Instagram @ummubalqisaura pada Kamis (10/10/2024):

2 dari 6 halaman

1. Pecahkan Telur di Wadah Terpisah

Langkah awal, pecahkan telur ke dalam wadah atau mangkuk yang berbeda. Lalu tambahkan garam dan merica atau bumbu sesuai keinginan. 

3 dari 6 halaman

2. Panaskan Wajan

Selanjutnya, panaskan wajan dengan sedikit minyak. Hal ini untuk melapisi permukaannya sehingga tidak mudah terbakar. 

4 dari 6 halaman

3. Goreng Telur

Panaskan wajan terlebih dahulu, kemudian masukkan telur yang sudah dipecahkan ke dalamnya. Masak telur hingga mencapai tingkat kematangan yang Anda inginkan.

5 dari 6 halaman

4. Tambahkan Air

Setelah menaruh telur di wajan, tambahkan 2-3 sendok makan air. Cara lain untuk memastikan telur ceplok memiliki rasa yang merata adalah dengan mencampurkan bumbu ke dalam air tersebut.

6 dari 6 halaman

5. Telur Ceplok Siap Disantap

Telur ceplok yang lembut dan rendah kalori kini siap untuk dinikmati. Ingatlah, jika ingin membuat telur ceplok setengah matang, disarankan menggunakan telur omega untuk menghindari risiko kontaminasi bakteri salmonella. Selamat mencoba!

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence