Sukses

5 Trik Mudah Membuat Singkong Goreng Renyah dan Gurih, Camilan Sederhana yang Istimewa

Untuk menghasilkan singkong goreng yang renyah di luar namun lembut di dalam, bahan utama perlu direbus terlebih dahulu.

Liputan6.com, Jakarta Singkong merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang sangat populer di masyarakat. Salah satu olahan favorit dari singkong adalah singkong goreng. Hidangan ini terkenal karena rasanya yang lezat dan teksturnya yang renyah.

Untuk menghasilkan singkong goreng yang renyah di luar namun lembut di dalam, bahan utama perlu direbus terlebih dahulu. Proses perebusan ini tidak perlu terlalu lama, cukup sampai setengah matang saja. Setelah direbus, tiriskan singkong dan goreng dalam minyak panas. Meskipun teknik ini membuat singkong menjadi empuk, proses menggorengnya akan memakan waktu lebih lama.

Salah satu pengguna TikTok dengan akun @zafaranierohman membagikan cara membuat singkong goreng yang krispi dan merekah. Berikut adalah trik agar singkong goreng menjadi renyah berdasarkan tips dari pengguna TikTok @zafaranierohman yang dikutip Liputan6.com pada Rabu (2/10/2024):

2 dari 6 halaman

1. Siapkan Bahan-bahan

Tahap pertama dalam proses ini adalah menyiapkan 1 kg singkong. Mulailah dengan mengupas kulit singkong dan mencucinya hingga bersih. Setelah itu, potong singkong menjadi bagian-bagian kecil dan biarkan hingga airnya tiris.

3 dari 6 halaman

2. Menyiapkan Bumbu Halus

Bahan:

  • 3 siung bawang putih
  • 1-2 sendok teh garam

Cara Membuat:

  1. Tumbuk bawang putih dan garam sampai halus menggunakan cobek atau alat penggiling lainnya.
  2. Setelah itu, campurkan bumbu yang sudah halus ke dalam 1 ½ liter air di dalam sebuah wadah.
  3. Aduk campuran tersebut hingga bumbu tercampur rata.
  4. Biarkan larutan ini hingga siap digunakan pada langkah berikutnya. 
4 dari 6 halaman

3. Kukus Singkong

Panaskan panci kukusan terlebih dahulu. Setelah panci mencapai suhu yang cukup panas, letakkan potongan singkong di dalamnya. Susun singkong dengan rapi, lalu tutup panci dan kukus hingga singkong matang dengan baik.

5 dari 6 halaman

4. Masukkan ke dalam Rendaman Bumbu

Ketika singkong sudah matang, angkat dari api dan rendam dalam campuran bumbu yang sudah disiapkan. Biarkan singkong terendam sampai ukurannya perlahan-lahan membesar.

6 dari 6 halaman

5. Goreng Singkong

Setelah singkong mengembang dengan sempurna, angkat dan tiriskan dengan hati-hati setiap potongannya. Tanpa perlu menambahkan bumbu lagi, langsung masukkan singkong ke dalam minyak yang telah dipanaskan sebelumnya.

Gunakan api sedang saat menggoreng dan pastikan singkong dibalik secara merata agar matang sempurna. Begitu singkong berubah menjadi warna kecokelatan, segera angkat dan tiriskan. Proses pengukusan dan perendaman dalam air bumbu memberikan hasil yang sempurna pada singkong goreng ini. Bagian luarnya renyah, tetapi tetap lembut di dalam ketika dibelah.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence