Sukses

Membangun Hubungan yang Positif, 5 Sikap untuk Menjadi Pribadi yang Disukai

Mau punya banyak teman? Coba 5 tips ini!

Liputan6.com, Jakarta Membangun hubungan yang positif adalah kunci untuk mencapai kebahagiaan dan kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan. Baik di lingkungan kerja, sekolah, maupun dalam hubungan personal, kemampuan untuk menjadi pribadi yang disukai dan dihargai sangat penting. Namun, tidak semua orang secara alami memiliki kemampuan ini.

Banyak dari anda harus belajar dan berusaha untuk mengembangkan sikap-sikap tertentu yang dapat membuat lebih menarik dan disukai oleh orang lain. Kesulitan dalam berinteraksi sosial bukan berarti tidak bisa diatasi. Dengan memahami dan menerapkan beberapa prinsip dasar, siapa pun dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam membangun hubungan yang positif.

Berikut adalah lima sikap yang dapat membantu kamu menjadi sosok yang menarik dan disukai banyak orang. Dengan mengadopsi sikap-sikap ini, kamu tidak hanya akan memperkaya kehidupan sosialmu, tetapi juga membuka pintu untuk peluang baru dan pengalaman yang lebih memuaskan, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(2/10/2024).

2 dari 6 halaman

1. Menjaga Tampilan Diri

Sebuah studi ilmiah pada tahun 1997 mengungkapkan bahwa perawatan diri memiliki dampak yang signifikan terhadap daya tarik, lebih dari tinggi badan, bentuk tubuh, atau aspek-aspek lain yang tidak bisa diubah.

Hindari keluar rumah dengan rambut basah, pakaian berkeringat, atau kaus kaki yang tidak cocok. Secara umum, menyetrika pakaian, mencukur, dan menyisir rambut dapat membuat orang lain lebih menyukai Anda. Belilah pakaian yang sesuai dengan tubuh Anda, pastikan pakaian tersebut cocok dengan usia Anda dan mencerminkan karakter pribadi Anda.

3 dari 6 halaman

2. Sikap Positif

Berinteraksilah dengan orang lain atau mulailah percakapan dengan mereka. Jangan biarkan rasa kurang percaya diri menghalangi saat bertemu orang baru. Cobalah mengatakan, "Kamu menarik perhatian saya dan saya berharap anda bisa berbicara lebih lanjut."

Jika anda sudah mencoba namun orang tersebut tampak tidak tertarik, menjauhlah dengan penuh keyakinan. Tunjukkan bahwa orang tersebut telah melewatkan kesempatan untuk mengenal dirimu lebih baik.

4 dari 6 halaman

3. Memiliki Ketertarikan Mendalam

Keluarga, teman, kolega, dan orang-orang di sekitar akan menghormati seseorang yang memiliki tujuan hidup. Baik itu dalam karier, kegiatan amal, hobi, atau budaya, gairah akan membuat kamu menonjol. Karena, passion sering kali disertai dengan dedikasi, kerja keras, serta keinginan untuk belajar dan berkembang, yang bisa menghasilkan prestasi luar biasa dan memberikan dampak positif bagi orang-orang di sekitarnya.

5 dari 6 halaman

4. Suka Mendengar

Menjadi pendengar yang baik adalah sesuatu yang dihargai oleh banyak orang. Saat ini, anda sering menemui percakapan yang menarik, namun menemukan pendengar yang baik cukup menantang. Tidak semua orang mampu menjadi pendengar yang baik karena diperlukan kemampuan untuk menampung keluh kesah orang lain. Memang tidak mudah menjadi pendengar yang baik, tetapi jika kamu benar-benar berhasil, banyak orang akan mencarimu untuk berbagi perasaan dan cerita mereka.

6 dari 6 halaman

5. Berdikari dan Tetap Menjadi Dirimu

Ketergantungan yang berlebihan pada orang lain dapat membuat mereka merasa tidak nyaman. Seorang pria yang mampu memasak atau wanita dengan karir yang gemilang sangat dihargai karena kemandiriannya. Namun, tidak perlu mengubah diri secara drastis hanya untuk mendapatkan persetujuan orang lain. Keaslian diri dapat menginspirasi dan memotivasi orang lain, sehingga lebih mudah untuk diterima dan disukai oleh orang-orang di sekitar.

 

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence