Sukses

5 Gerakan Tubuh yang Mengindikasikan Rasa Tidak Percaya Diri

Secara tidak sadar, orang yang berbicara denganmu bisa mengetahui bahwa kamu kurang percaya diri.

Liputan6.com, Jakarta Kepercayaan diri adalah elemen penting dalam interaksi sosial dan profesional. Seseorang yang percaya diri cenderung lebih mudah bergaul, berkomunikasi dengan efektif, dan mencapai tujuan yang diinginkan. Sebaliknya, kurangnya kepercayaan diri dapat menghambat potensi seseorang dan mempengaruhi cara orang lain memandang mereka.

Salah satu cara untuk memahami tingkat kepercayaan diri seseorang adalah dengan memperhatikan gerakan tubuh mereka. Bahasa tubuh dapat memberikan petunjuk yang jelas tentang perasaan seseorang, termasuk rasa tidak percaya diri yang mungkin tidak disadari oleh individu tersebut. Gerakan tubuh sering kali berbicara lebih lantang daripada kata-kata.

Dengan memahami dan mengatasi gerakan tubuh yang mengindikasikan rasa tidak percaya diri, seseorang dapat mulai membangun citra diri yang lebih positif dan meningkatkan interaksi mereka dengan orang lain. Berikut adalah beberapa gerakan tubuh yang dapat menunjukkan rasa tidak percaya diri, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum'at(4/10/2024).

2 dari 6 halaman

1. Sering Menyembunyikan Wajah

Jika kamu sedang mengambil foto atau merasa perlu untuk tampil, kamu mungkin akan selalu berusaha menutupi wajahmu. Mungkin kamu akan menutupi wajah dengan tangan, sering menghindar, atau menggunakan berbagai cara lainnya. Sikap ini menjadi perhatian khusus ketika kamu memposting foto dan mengaburkan atau mencoret bagian wajahmu.

Akan terasa aneh, bukan, jika kamu mendokumentasikan momen bersama teman-teman tetapi hanya wajahmu yang tidak terlihat. Ini adalah salah satu kebiasaan yang menunjukkan bahwa kamu kurang percaya diri untuk memperlihatkan wajahmu, baik di kehidupan nyata maupun di media sosial. 

3 dari 6 halaman

2. Postur Tubuh Tidak Tegap dan Cenderung Membungkuk

Ketika berdiri atau duduk, kamu mungkin cenderung membungkuk. Bahumu akan terlihat lebih menutup ke arah tubuhmu, memberi kesan menyendiri. Sikap ini berbeda dengan postur tegap atau tegak yang menunjukkan keterbukaan terhadap orang lain. Posisi bahu dapat mencerminkan apakah kamu pribadi yang terbuka atau tertutup dalam berinteraksi sosial.

4 dari 6 halaman

3. Tangan Membentuk Silang

Bila kamu berbicara dengan seseorang dan menunjukkan gestur tangan menyilang, ini menandakan kecenderungan untuk menutup diri. Kamu mungkin tidak ingin terlalu dekat atau terbuka dengan orang lain. Gerakan ini adalah salah satu gestur defensif, di mana kamu berusaha melindungi diri sendiri. Tanpa disadari atau secara refleks, tanganmu akan menyilang dan menutup bagian tubuhmu sebagai bentuk perlindungan.

5 dari 6 halaman

4. Nada Halus

Berbicara dengan suara pelan sering kali dianggap sebagai tanda keraguan. Saat kamu berkomunikasi dengan seseorang dan suaramu sangat pelan, mereka mungkin tidak akan memahami dan malah merasa bingung. Orang lain bisa merasakan ketidaknyamanan dan mungkin terus bertanya karena suaramu yang tidak jelas terdengar.

6 dari 6 halaman

5. Menjauhkan Pandangan Mata

Dalam komunikasi yang efektif, penting untuk melakukan kontak mata dengan lawan bicara. Ini sangat berpengaruh pada rasa saling menghargai. Menghindari kontak mata dapat diartikan sebagai mengalihkan fokus, biasanya dengan menunduk atau melihat ke arah lain. Jika kamu sering melakukan ini, mungkin kamu belum siap untuk berkomunikasi dengan orang lain. Orang lain bisa merasa bahwa kamu kurang fokus dan tidak menghargai mereka.

Jika kamu atau temanmu memiliki perilaku atau gestur tubuh seperti ini, sebaiknya coba ubah gestur tersebut atau beri teguran agar lebih percaya diri. Jika merasa malu, cobalah berlatih dengan orang terdekat. Tetaplah menjadi diri sendiri dengan perubahan positif. Semoga informasi ini bermanfaat.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence