Sukses

Memahami 7 Metode Alami Mengatasi Sembelit yang Sering Mengacaukan Rutinitas

Sembelit bisa diatasi dengan cara alami.

Liputan6.com, Jakarta Sembelit adalah kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan buang air besar. Biasanya, sembelit ditandai dengan buang air besar hanya tiga kali atau kurang dalam seminggu. Komplikasi yang bisa terjadi akibat sembelit termasuk prolaps rektum.

Prolaps rektum adalah kondisi di mana rektum di usus besar menonjol keluar dari anus. Ada banyak cara alami yang bisa diterapkan untuk mengatasi sembelit sebagai kebiasaan sehari-hari. Beberapa bahan alami yang bisa dikonsumsi untuk meredakan sembelit antara lain daun sena, biji adas, dan lidah buaya.

Berikut adalah beberapa tips alami untuk mengatasi sembelit. Simak penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Minggu (26/10/2024):

2 dari 8 halaman

1.Posisi saat BAB

Gunakan posisi jongkok saat buang air besar. Sebab, posisi jongkok dapat meluruskan sudut usus sehingga feses dapat keluar lebih cepat. Salah satu penyebab sembelit adalah posisi buang air besar yang tidak optimal, yang menghambat keluarnya kotoran dari tubuh secara maksimal. Akibatnya, feses tidak keluar dengan sempurna dan tertinggal dalam tubuh.

3 dari 8 halaman

2. Cairan Tubuh

Pastikan tubuh Anda mendapatkan cairan yang cukup. Perhatikan jenis dan jumlah cairan yang Anda konsumsi. Disarankan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas per hari. Ini sangat bermanfaat untuk pencernaan dan detoksifikasi tubuh, membantu mengeluarkan kotoran dengan bantuan mineral.

4 dari 8 halaman

3. Makanan Berserat

Jangan lewatkan makan buah dan sayuran. Ada banyak hal yang bisa kamu buat dengan bahan makanan berserat. Makanan berserat membantu sistem pencernaan bekerja lebih baik. Mengonsumsi makanan yang mengandung prebiotik juga bermanfaat bagi kesehatan tubuhmu.

5 dari 8 halaman

4. Konsumsi Obat

Kamu dapat mengonsumsi obat pelancar buang air besar atau sembelit dari dokter atau sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Menggunakan obat yang aman dan alami sangat baik untuk pencernaan yang tersumbat. Pastikan untuk memeriksa bahan alami yang terkandung dalam obat yang akan kamu konsumsi. 

6 dari 8 halaman

5. Air Hangat

Gunakan air hangat di sekitar pinggang untuk membantu melancarkan peredaran darah dan membuat tubuh lebih rileks. Cara ini akan membantu aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar dan mengurangi stres akibat pencernaan yang tersumbat. 

 

7 dari 8 halaman

6. Hindari Makanan Pemicu

Beberapa makanan seperti makanan olahan, tinggi lemak, dan gula dapat memperburuk sembelit. Cobalah untuk mengurangi atau menghindari makanan tersebut dan fokuslah pada pilihan makanan yang lebih sehat dan bergizi. 

8 dari 8 halaman

7. Cobalah Teh Herbal

Beberapa jenis teh herbal, seperti teh peppermint atau teh jahe, dapat membantu meredakan sembelit. Teh ini memiliki sifat menenangkan yang dapat membantu merelaksasi otot-otot saluran pencernaan dan mendorong pergerakan usus.

Itulah beberapa tips alami yang bisa kamu coba jika mengalami sembelit. Jangan lupa untuk makan secara teratur dan hindari mengonsumsi makanan sembarangan. Usahakan untuk tetap menjalani pola hidup yang teratur agar kesehatan tetap terjaga. Semoga bermanfaat, tetap berpikir positif! 

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence