Sukses

Mengungkap Rahasia, 5 Sifat Tersembunyi Anak Sulung yang Belum Banyak Diketahui

Selain bertanggung jawab dan memiliki kepemimpinan yang baik, anak pertama juga memiliki beberapa sikap yang jarang diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Anak sulung sering kali menjadi pusat perhatian dalam keluarga, terutama karena mereka adalah yang pertama kali mengisi peran sebagai anak dalam kehidupan orang tua. Dalam banyak budaya, anak sulung sering diharapkan untuk menjadi panutan bagi adik-adiknya dan memikul tanggung jawab lebih besar.

Namun, di balik peran dan tanggung jawab yang terlihat ini, terdapat sifat-sifat tersembunyi yang tidak selalu disadari oleh orang di sekitar mereka. Memahami sifat-sifat ini dapat membantu untuk lebih menghargai dan mendukung anak sulung dalam perannya yang unik. Meskipun banyak penelitian dan diskusi mengenai karakteristik anak sulung, ada beberapa sifat yang belum banyak diketahui oleh publik.

Sifat-sifat ini sering kali tersembunyi di balik kepribadian yang tampak tegas dan mandiri. Anak sulung tidak hanya mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan tanggung jawab, tetapi juga memiliki sisi-sisi lain yang jarang terungkap. Dengan mengungkap sifat-sifat tersembunyi ini, kamu dapat melihat bagaimana pengalaman sebagai anak pertama membentuk kepribadian mereka dengan cara yang kompleks dan menarik, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (4/10/2024).

2 dari 6 halaman

1. Menguasai

Anak sulung cenderung memiliki pengaruh yang kuat terhadap adik-adiknya. Ia sering memegang kendali lebih besar dalam lingkungan keluarganya. Keputusannya sering dianggap final dan adik-adiknya biasanya mengikuti arahannya. Sikap ini digunakan untuk menjaga agar perilaku adik-adiknya tetap dalam batas yang wajar.

3 dari 6 halaman

2. Melindungi

Anak sulung sering kali diberi tanggung jawab untuk menjaga adik-adiknya. Akibatnya, sikap ini tetap ada hingga mereka dewasa. Mereka merasa perlu mengawasi adik-adiknya dengan sikap protektif untuk memastikan keselamatan mereka.

4 dari 6 halaman

3. Berambisi

Si anak sulung cenderung merasa perlu menjadi teladan yang baik bagi adik-adiknya. Karena itu, ia akan sangat ambisius ketika mengejar sesuatu. Ia akan selalu berusaha untuk sukses. Dengan begitu, adik-adiknya dapat terinspirasi untuk mencapai kesuksesan juga.

5 dari 6 halaman

4. Kemampuan Berbicara

Anak pertama sering kali berperan sebagai "juru bicara" bagi saudara-saudaranya dalam keluarga. Anak pertama cenderung terbiasa menyampaikan pendapat serta membela diri dan adik-adiknya. Oleh karena itu, kemampuan berbicaranya biasanya sangat baik.

6 dari 6 halaman

5. Nekat

Sejak lahir, ia telah menanggung harapan tinggi dari keluarganya. Karena itu, anak sulung terbiasa untuk berani dalam mengambil tindakan. Ia tidak ragu untuk menerapkan prinsip coba-coba agar dapat mengetahui apa yang baik dan buruk bagi saudara-saudaranya.

Banyak sikap anak pertama yang jarang diketahui. Menanggung harapan dan menjadi teladan bagi keluarga membuat anak pertama terbiasa menjadi pemimpin. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence