Sukses

Kumpulan Doa Sholat Tahajud Lengkap, Arab, Latin, dan Artinya

Temukan kumpulan lengkap doa sholat tahajud dalam tulisan Arab, Latin, dan terjemahannya. Pelajari bacaan doa tahajud yang shahih untuk meningkatkan kualitas ibadah malam Anda.

Liputan6.com, Jakarta Sholat tahajud merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Dilaksanakan pada waktu malam, sholat tahajud diyakini memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi kehidupan seorang muslim. Salah satu elemen penting dalam pelaksanaan sholat tahajud adalah membaca doa-doa khusus yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Doa sholat tahajud memiliki makna yang mendalam dan merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan membaca doa-doa ini, seorang hamba dapat mengungkapkan rasa syukur, memohon ampunan, serta meminta pertolongan dan bimbingan dari Allah SWT. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui dan memahami bacaan doa sholat tahajud yang shahih.

Dalam artikel ini, kita akan membahas kumpulan lengkap doa sholat tahajud beserta terjemahannya. Doa-doa ini akan disajikan dalam tulisan Arab, transliterasi Latin, dan artinya dalam bahasa Indonesia. Dengan mempelajari dan mengamalkan doa-doa ini, diharapkan kita dapat meningkatkan kualitas ibadah malam kita dan meraih keberkahan dari Allah SWT.

Simak doa sholat tahajud berikut ini seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (3/10/2024).

2 dari 5 halaman

Persiapan Sebelum Membaca Doa Sholat Tahajud

Sebelum membaca doa sholat tahajud, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memaksimalkan ibadah kita:

1. Pastikan telah berwudhu dengan sempurna.

2. Carilah tempat yang bersih dan tenang untuk melaksanakan sholat tahajud.

3. Niatkan dengan ikhlas untuk beribadah kepada Allah SWT.

4. Laksanakan sholat tahajud minimal 2 rakaat.

5. Setelah sholat, bacalah dzikir dan doa tahajud dengan khusyuk.

## Bacaan Dzikir Setelah Sholat Tahajud

Sebelum membaca doa utama tahajud, dianjurkan untuk membaca dzikir terlebih dahulu. Berikut adalah bacaan dzikir yang dapat diamalkan:

1. Tasbih

سُبْحَانَ اللهِ

Subhanallah (100 kali)

Artinya: "Maha Suci Allah"

2. Tahmid

الْحَمْدُ لِلَّهِ

Alhamdulillah (100 kali)

Artinya: "Segala puji bagi Allah"

3. Takbir

اللهُ أَكْبَرُ

Allahu Akbar (100 kali)

Artinya: "Allah Maha Besar"

4. Istighfar Pendek

أَسْتَغْفِرُ اللهَ

Astaghfirullah (100 kali)

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah"

5. Istighfar Panjang

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullah hal'adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya."

3 dari 5 halaman

Doa Utama Sholat Tahajud

Setelah membaca dzikir, dilanjutkan dengan membaca doa utama sholat tahajud. Berikut adalah bacaan doa sholat tahajud yang shahih:

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa'dukal haq. Wa liqâ'uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ'atu haq.

Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a'lantu, wa mâ anta a'lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu'akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh.

Artinya:

"Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah."

4 dari 5 halaman

Doa Penutup Sholat Tahajud

Setelah membaca doa utama tahajud, dianjurkan untuk menutup dengan doa berikut:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirat hasanah, waqina adzabannar.

Artinya: "Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka." (QS. Al-Baqarah : 201)

Keutamaan Sholat Tahajud dan Doa Tahajud

Melaksanakan sholat tahajud dan membaca doa tahajud memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

1. Diangkat derajatnya oleh Allah SWT, sebagaimana firman Allah dalam QS. Al-Isra ayat 79.

2. Mendapat kemuliaan dari Allah SWT, seperti yang disebutkan dalam hadits riwayat Al-Baihaqi.

3. Doa yang dipanjatkan setelah sholat tahajud lebih besar kemungkinannya untuk dikabulkan, sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam hadits riwayat Bukhari.

4. Dimudahkan untuk masuk surga, seperti yang disebutkan dalam hadits riwayat Ibnu Majah.

5. Dihapuskan dosa-dosanya, sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat Ahmad.

 

5 dari 5 halaman

Tips Agar Istiqomah Melaksanakan Sholat Tahajud

Untuk dapat istiqomah dalam melaksanakan sholat tahajud dan membaca doa tahajud, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan:

1. Niatkan dengan ikhlas untuk beribadah kepada Allah SWT.

2. Atur jadwal tidur yang teratur agar bisa bangun di tengah malam.

3. Mulailah dengan jumlah rakaat yang sedikit, lalu tingkatkan secara bertahap.

4. Ciptakan lingkungan yang mendukung, seperti menyiapkan alarm atau meminta bantuan keluarga untuk membangunkan.

5. Renungkan keutamaan dan manfaat sholat tahajud untuk meningkatkan motivasi.

6. Jaga konsistensi, meskipun hanya melaksanakan 2 rakaat setiap malam.

7. Berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan dan kekuatan untuk istiqomah dalam beribadah.

Doa sholat tahajud merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Dengan memahami dan mengamalkan bacaan doa tahajud yang shahih, kita dapat meningkatkan kualitas ibadah malam kita dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Mulai dari dzikir setelah sholat tahajud, doa utama tahajud, hingga doa penutup, semuanya memiliki makna yang mendalam dan manfaat yang besar bagi kehidupan seorang muslim.

Penting untuk diingat bahwa kunci utama dalam beribadah adalah keikhlasan dan konsistensi. Meskipun awalnya terasa berat untuk bangun di tengah malam, dengan niat yang tulus dan tekad yang kuat, kita dapat membiasakan diri untuk melaksanakan sholat tahajud secara rutin. Semoga dengan mengamalkan doa sholat tahajud ini, kita dapat meraih keberkahan dan ridha Allah SWT dalam kehidupan di dunia dan akhirat.

Jangan lupa untuk selalu memohon bimbingan dan petunjuk dari Allah SWT agar dapat istiqomah dalam menjalankan ibadah sholat tahajud dan membaca doa-doanya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi panduan bagi kita semua dalam meningkatkan kualitas ibadah malam kita. Aamiin Ya Rabbal Alamin.