Sukses

Tips Alami, Kurangi Asam Urat dan Kolesterol dengan Dua Bahan Dapur

Dua bahan dapur ampuh untuk menurunkan asam urat dan kolesterol.

Liputan6.com, Jakarta Asam urat dan kolesterol tinggi adalah dua kondisi kesehatan yang umum dihadapi banyak orang di seluruh dunia. Kedua masalah ini sering kali terkait dengan gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan gangguan metabolisme lainnya. Meskipun obat-obatan tersedia untuk mengatasi kondisi ini, banyak orang mencari cara alami untuk mengurangi kadar asam urat dan kolesterol mereka.

Mengubah pola makan dan memasukkan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di dapur bisa menjadi solusi yang efektif dan aman. Menggunakan bahan-bahan alami tidak hanya membantu mengurangi ketergantungan pada obat-obatan, tetapi juga meminimalkan risiko efek samping yang mungkin timbul dari penggunaan obat jangka panjang.

Dua bahan dapur yang sering disebut memiliki manfaat kesehatan ini adalah bawang putih dan jahe. Keduanya telah dikenal sejak lama dalam pengobatan tradisional karena sifat anti-inflamasi dan kemampuannya dalam meningkatkan kesehatan jantung. Simak informasi lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana Anda dapat memanfaatkan kedua bahan ini untuk kesehatan Anda, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu(5/10/2024).

2 dari 5 halaman

Dua Bahan Dapur yang Dipakai

Menurut Instagram @dr.zaidulakbar.resep, disebutkan bahwa ramuan herbal yang mengandung kunyit dan lada bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat serta kolesterol yang berlebihan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Kunyit

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan DIY, kunyit mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan tersebut termasuk kurkumin, sesmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, resin, pati, karbohidrat, protein, selulosa, lemak, vitamin C, antioksidan, zat pahit, zat besi, fosfor, kalsium, hingga minyak atsiri.

Menurut informasi dari halodoc yang telah ditinjau oleh dr. Fadhli Rizal Makarim, kunyit telah lama dikenal sebagai obat herbal dengan potensi yang cukup besar. Salah satu manfaat utamanya adalah kemampuannya dalam mengurangi peradangan kronis. Tanaman herbal ini berfungsi dengan menurunkan aktivitas oksidase xanthine, yaitu enzim yang terlibat dalam produksi asam urat.

4 dari 5 halaman

Manfaat Lada

Lada adalah jenis rempah yang mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Berdasarkan informasi dari Rumah Sakit An-Nisa, satu sendok teh lada mengandung 6 kalori, 0,2 gram protein, 1,4 gram karbohidrat, dan 0,6 gram serat.

Selain itu, lada juga memiliki kandungan kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, serta vitamin A, B1, B2, B3, B6, dan vitamin K, meskipun dalam jumlah kecil. Dengan komposisi nutrisi ini, tidak mengherankan jika lada dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh anda.

5 dari 5 halaman

Mengolah Kunyit dan Lada untuk Minuman Herbal

Siapkan terlebih dahulu 2 cubitan lada hitam dan sepotong kunyit. Untuk membuatnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Kupas dan bersihkan kunyit, kemudian iris tipis-tipis.
  2. Masukkan irisan kunyit ke dalam cangkir atau gelas.
  3. Tuangkan air mendidih ke dalamnya, tutup, dan diamkan selama beberapa menit.
  4. Tambahkan lada hitam, aduk hingga merata, dan nikmati minuman herbal ini selagi hangat.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence