Sukses

4 Keuntungan Konsumsi Bawang Putih Mentah, Ternyata Baik untuk Kesehatan Tubuh

Bagi yang ingin tahu, berikut empat manfaat utama mengonsumsi bawang putih mentah yang bisa membuat kamu tertarik menambahkannya ke dalam menu harianmu.

Liputan6.com, Jakarta Bawang putih telah lama dikenal sebagai salah satu bahan dapur yang tidak hanya menambah cita rasa pada masakan, tetapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Sejak zaman kuno, bawang putih telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Konsumsi bawang putih mentah, khususnya, dipercaya memiliki efek yang lebih kuat karena senyawa allicin yang terkandung di dalamnya tetap utuh dan tidak terurai oleh panas.

Allicin ini adalah komponen aktif yang bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh bawang putih. Bagi banyak orang, menambahkan bawang putih mentah ke dalam menu harian mungkin terdengar menantang karena rasa dan aromanya yang kuat. Namun, manfaat kesehatan yang ditawarkannya bisa menjadi alasan yang baik untuk mencoba memasukkannya ke dalam diet harian.

Dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga mendukung kesehatan jantung, bawang putih mentah menawarkan berbagai manfaat yang dapat meningkatkan kualitas hidup. Berikut ini adalah empat manfaat utama dari mengonsumsi bawang putih mentah yang mungkin membuat Anda ingin mempertimbangkan untuk menambahkannya ke dalam menu harian kamu, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu(5/10/2024).

2 dari 5 halaman

1. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang dikenal memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Mengonsumsi bawang putih dalam keadaan mentah dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih siap menghadapi infeksi dan penyakit.

Allicin terbentuk ketika bawang putih dihancurkan atau dicincang. Oleh karena itu, mengonsumsi bawang putih mentah memungkinkan tubuh mendapatkan manfaat optimal dari senyawa tersebut.

3 dari 5 halaman

2. Mengurangi Hipertensi

Hipertensi perlu diwaspadai karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Namun, jangan khawatir, karena bawang putih bisa menjadi solusi alami untuk menurunkan tekanan darah.

Kandungan sulfur dalam bawang putih, seperti allicin, berperan dalam melebarkan pembuluh darah, memperlancar sirkulasi darah, dan mengurangi tekanan pada sistem kardiovaskular. Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi rutin bawang putih mentah dapat secara signifikan menurunkan tekanan darah.

4 dari 5 halaman

3. Mengurangi Kolesterol

Selain menurunkan tekanan darah, konsumsi bawang putih mentah juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol total dan LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Senyawa aktif dalam bawang putih berperan dalam menghambat produksi kolesterol di hati serta mempercepat pemecahannya di dalam tubuh. Dengan demikian, menurunkan kolesterol dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan aterosklerosis.

5 dari 5 halaman

4. Mengandung Antioksidan yang Efektif

Bawang putih mengandung banyak antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari kerusakan akibat oksidasi yang dipicu oleh radikal bebas. Penting untuk diketahui bahwa radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh dan berperan dalam penuaan dini serta sejumlah penyakit kronis seperti kanker.

Namun, antioksidan yang terdapat dalam bawang putih dapat membantu melawan kerusakan ini, menjaga kesehatan sel-sel tubuh, dan mendukung kesehatan secara keseluruhan. Jadi, jika kamu ingin tampil lebih cantik dan sehat, mengonsumsi bawang putih mentah bisa menjadi solusi yang efektif.

Itulah beberapa manfaat baik dari mengonsumsi bawang putih mentah. Meski rasanya mungkin terasa unik dan tidak selalu disukai oleh semua orang, manfaat kesehatannya jelas membuatnya layak dicoba. Jadi, mulailah menambahkan bawang putih mentah ke dalam menu harianmu dan alami sendiri manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence