Sukses

Bangun Imajinasi dan Kreativitas, 5 Keuntungan Bacakan Dongeng Sebelum Tidur untuk Anak

Bacakan cerita sebelum tidur untuk anak dan dapatkan 5 manfaat ini.

Liputan6.com, Jakarta Membacakan dongeng sebelum tidur kepada anak bukan sekadar aktivitas pengantar tidur, tetapi juga merupakan momen berharga yang dapat memperkaya perkembangan emosional dan intelektual mereka. Dalam dunia yang semakin digital, di mana anak-anak lebih sering terpapar layar daripada buku, membacakan cerita secara langsung memberikan pengalaman yang lebih personal dan mendalam.

Aktivitas ini tidak hanya mempererat ikatan antara orang tua dan anak, tetapi juga membuka jendela imajinasi yang luas bagi si kecil. Melalui cerita-cerita yang penuh warna dan petualangan, anak-anak diajak untuk memasuki dunia baru yang penuh dengan pelajaran moral, karakter yang inspiratif, dan situasi yang menantang pemikiran.

Selain itu, kebiasaan membacakan dongeng sebelum tidur dapat menjadi fondasi yang kuat untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas anak. Membacakan dongeng secara rutin dapat menjadi investasi jangka panjang dalam membentuk pola pikir yang inovatif dan adaptif, yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi tantangan masa depan. Simak informasi lengkapnya, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu(5/10/2024).

2 dari 6 halaman

1. Hubungan Erat Antara Anak dan Orang Tua

Salah satu keuntungan dari membacakan cerita sebelum tidur adalah terciptanya ikatan yang lebih kuat antara orang tua dan anak. Aktivitas ini memungkinkan hubungan mereka menjadi lebih erat melalui interaksi yang terjadi saat membacakan cerita. Kedekatan juga tercipta karena posisi fisik saat membacakan cerita yang memungkinkan kontak lebih dekat.

3 dari 6 halaman

2. Memperkuat Keterampilan Berbicara Anak

Dengan berjalannya waktu, anak akan mengembangkan kemampuannya karena sering mendengarkan dongeng yang dibacakan orang tua sebelum tidur. Cerita pengantar tidur ini membantu anak dalam belajar komunikasi. Selain itu, anak juga meningkatkan kemampuan mendengar, memori, dan bahasa.

4 dari 6 halaman

3. Memperbaiki Fokus Anak

Ketika anak mendengarkan cerita sebelum tidur, perhatian mereka akan tertuju pada kisah yang dibacakan. Jika dilakukan secara rutin, ini dapat melatih anak untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi. Selain itu, melalui cerita sebelum tidur, anak juga akan lebih terbiasa dengan kebiasaan membaca.

5 dari 6 halaman

4. Meningkatkan Wawasan

Ceritakan kisah yang meningkatkan wawasan anak. Gunakan cerita sebelum tidur sebagai sarana untuk mengajarkan ilmu secara bertahap. Kebiasaan ini dapat membentuk karakter anak dan memperluas pengetahuannya.

6 dari 6 halaman

5. Mengurangi Stres

Selama sesi cerita sebelum tidur, biasanya juga dilakukan kegiatan saling berbagi cerita dengan anak. Aktivitas ini dapat membantu meringankan beban pikiran anak sehingga dapat menurunkan tingkat stres mereka.

Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari sesi cerita sebelum tidur bersama anak. Manfaatkan waktu berkualitas ini dengan baik bersama anak. Semoga informasi ini bermanfaat!

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence