Sukses

5 Trik Goreng Telur Dadar agar Tebal dan Keriting, Kriuknya Bisa Menambah Selera Makan

Kini, Anda bisa memasak telur dadar tebal dan keriting ala warteg di rumah. Berikut ini adalah cara membuatnya.

Liputan6.com, Jakarta Telur dadar sering menjadi pilihan favorit di warteg karena ukurannya yang besar dan teksturnya yang unik, yang digemari banyak orang. Kerenyahan dan rasa pedas yang terasa saat digigit membuat telur dadar ala warteg semakin nikmat.

Namun, apakah Anda tahu bahwa cara membuat telur dadar khas warteg sebenarnya cukup mudah? Berdasarkan informasi yang dibagikan oleh Lilis Rahma melalui kanal YouTube-nya pada Rabu (19/6/2024), dia memberikan tips praktis untuk membuat telur dadar ala warteg.

Di bawah ini akan dipaparkan cara menggoreng telur dadar ala warteg yang tebal dan keriting. Simak penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari kanal YouTube Lilis Rahma pada Jumat (11/10/2024):

2 dari 6 halaman

1. Siapkan Semua Bahan

Memasak telur dadar ala warteg sebenarnya cukup sederhana dan tidak serumit yang Anda bayangkan, karena tidak memerlukan pengulekan bumbu. Anda hanya perlu mengocok telur dengan bahan-bahan berikut ini:

  • 2 butir telur,
  • 2 batang daun bawang,
  • 2 buah cabai merah besar,
  • ½ sendok teh kaldu,
  • ¼ sendok teh garam,
  • ½ sendok teh merica,
  • dan 3 sendok makan air.

 

3 dari 6 halaman

2.Campur Semua Bahan dalam Mangkuk

Potong daun bawang menjadi irisan kecil dan potong cabai merah menjadi beberapa bagian, kemudian taruh di mangkuk kecil. Selanjutnya, pecahkan telur kedua ke dalam mangkuk dan tambahkan bumbu yang telah disiapkan, seperti kaldu, garam, dan merica.

4 dari 6 halaman

3. Kocok Telur dan Tambahkan Air

Aduk telur bersama bahan lainnya dalam mangkuk hingga semuanya tercampur dengan baik. Selanjutnya, masukkan 3 sendok makan air untuk mengencerkan adonan, lalu aduk lagi sampai telur berbusa, menunjukkan bahwa campuran sudah benar-benar merata.

5 dari 6 halaman

4. Goreng dengan Minyak yang Banyak

Siapkan minyak goreng dalam jumlah yang memadai dan panaskan dalam wajan. Langkah ini sangat penting karena untuk membuat telur crispy, dibutuhkan minyak yang cukup banyak. Selanjutnya, tuangkan telur dadar langsung ke tengah wajan dari ketinggian yang agak tinggi. Cara ini membantu agar telur tersebar merata di dalam wajan.

6 dari 6 halaman

5. Balik Telur Dadar

Ketika tepi telur mulai berwarna coklat keemasan, gunakan spatula dan saringan untuk membaliknya. Jika masih belum cukup kering, balik kembali telur tersebut. Saat ini, telur dadar sudah mulai mengerut dan mengeluarkan aroma yang menggugah selera, menunjukkan bahwa telur dadar ala warteg siap untuk disajikan di piring dan disantap.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence