Sukses

Cobain Resep Mudah Membuat Mochi Rice Paper, Tak Perlu Menguleni Ketan

Membuat mochi ternyata simpel dan tidak memerlukan ketan.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak sekali camilan atau kudapan masa kini yang direasikan dengan berbagai ide kreatif, salah satunya adalah mochi rice paper. Membuat mochi tidak harus mengaduk dan menguleni adonan ketan, cukup diganti dengan kertas nasi atau rice paper yang teksturnya juga kenyal ketika dimakan.

Menggunakan rice paper sebagai dasar, resep ini memberikan cara yang lebih mudah dan cepat untuk menikmati mochi yang lezat. Sementara isiannya tidak mengubah resep mochi pada umumnya. Lagipula rasanya juga akan tetap enak, apalagi jika berencana membuat ice cream mochi. 

Di bawah ini akan dipaparkan resep membuat mochi lembut yang enak hanya dengan rice paper.  Berikut penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat (11/10/2024):

2 dari 3 halaman

1. Bahan-Bahan

Bahan kulit:

  • 10 lembar kertas nasi
  • Air hangat secukupnya
  • Taburan sedikit tepung maizena

Bahan isian:

  • 100 gram krim kocok bubuk
  • 250 ml air dingin
  • 10 buah stroberi berukuran sedang
  • 50 gram gula bubuk
3 dari 3 halaman

2. Cara Membuat

  1. Campurkan bubuk whip cream dengan air es. Kocok dengan mixer hingga teksturnya halus dan lembut, selama sekitar 6-7 menit pada kecepatan tinggi, sambil menambahkan gula halus sedikit demi sedikit.
  2. Jika adonan sudah terasa ringan dan kaku saat diangkat, berarti whipped cream sudah siap untuk digunakan. Sisihkan terlebih dahulu.
  3. Siapkan air hangat dalam sebuah piring. Celupkan rice paper ke dalam air hangat selama beberapa detik, kemudian angkat dan letakkan di permukaan yang datar.
  4. Ambil whipped cream secukupnya, lalu letakkan stroberi di bagian tengahnya.
  5. Bungkus atau bentuk mochi dengan menarik ujung-ujung rice paper ke atas dan satukan di bagian tengah.
  6. Putar ujung rice paper hingga menempel. Lakukan langkah ini hingga semua bahan habis.
  7. Gulingkan mochi dalam tepung maizena yang telah disangrai hingga terlapisi dengan rata. Simpan dalam freezer selama satu jam.

Keluarkan dan potong-potong. Nikmati mochi rice paper dalam keadaan dingin, dengan tekstur yang kenyal dan bagian dalam yang lembut manis. Anda bisa mengganti buah isiannya dengan buah lain sesuai selera. Sangat sederhana, bukan? Silakan coba di rumah.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence