Sukses

6 Cara agar Tetap Sehat dan Bugar di Musim Pancaroba, Aman Dicoba Siapa Saja

Memasuki musim pancaroba, mengharuskan banyak individu untuk terus menjaga tubuhnya tetap fit.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda sudah siap menghadapi perubahan musim? Memasuki musim pancaroba, dimana adanya ketidaktentuan musim antara pergantian musim satu dengan musim yang lain, mengharuskan banyak individu untuk terus menjaga tubuhnya tetap fit.

Pasalnya manusia tidak akan tahu pada saat pagi sampai siang terlihat sangat cerah dan cenderung suasananya sangat panas namun pada sore hari sampai malam udara langsung berubah dingin dan turun hujan. Kondisi tersebut bisa mengundang penyakit penyerta pancaroba seperti, batuk, flu, diare, influenza, demam berdarah, serta penyakit lain.

Memaksakan tubuh beradaptasi di kondisi yang tidak menentu ini tentu menjadi tantangan berat yang harus dihadapi oleh beberapa orang masih memiliki kewajiban untuk bekerja, menempuh pendidikan ataupun yang lain. Akibatnya banyak anggota keluarga yang dalam kondisi imun yang kurang baik dan mudah terserang penyakit. Hal itu juga bisa sangat membahayakan anggota keluarga yang lain jika tertular.

Lantas, bagaimana cara untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi sehat dan imun kuat di musim pancaroba? Yuk, simak tipsnya berikut ini sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Selasa (8/10/2024):

2 dari 7 halaman

1. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Seimbang

Secara umum, menjaga tubuh agar tetap sehat dapat dilakukan dengan memperhatikan asupan nutrisi yang kita konsumsi. Tidak harus dengan makanan yang mahal, cukup dengan mengonsumsi sayuran hijau, protein berkualitas, dan buah-buahan yang kaya vitamin dapat membantu kamu menerapkan pola makan sehat dan bergizi seimbang di rumah.

Penerapan pola makan ini memerlukan konsistensi agar hasil yang diharapkan dapat tercapai. Kamu bisa berinovasi dengan bahan-bahan menarik lainnya, seperti mencampurkannya dalam roti, salad, atau membuat jus yang lezat.

Ada banyak cara yang bisa kamu coba di rumah untuk melatih konsistensi dalam menjaga pola makan seimbang, yang tentunya mudah dilakukan. Namun, semua kembali pada niat kita untuk mencapai hasil yang baik bagi sistem imun dan kesehatan tubuh kita.

3 dari 7 halaman

2. Mengonsumsi Vitamin C

Asam askorbat, atau yang lebih dikenal sebagai vitamin C, adalah vitamin yang larut dalam air dan memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Vitamin ini berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan, membantu melawan penyakit dan infeksi virus seperti flu dan pilek, serta banyak manfaat lainnya.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan tubuh selama musim pancaroba. Karena tubuh kita tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri, penting untuk mengonsumsi makanan atau suplemen yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin ini.

Sumber vitamin C yang baik meliputi buah jeruk, kiwi, stroberi, kubis, brokoli, dan ubi jalar. Kamu bisa menyajikannya dengan berbagai cara, seperti membuat jus, menambahkannya ke salad segar, atau memasaknya dalam tumisan yang sehat.

4 dari 7 halaman

3. Mencuci Tangan dengan Air Sabun ataupun Hand Sanitizer

Mencuci tangan merupakan metode yang efektif untuk mencegah penyebaran kuman dan menjaga kebersihan tangan. Aktivitas ini mengingatkan kita pada salah satu bencana terbesar di dunia, yaitu COVID-19.

Aktivitas yang tampaknya sederhana ini seringkali diabaikan dan dianggap remeh, tetapi setelah pandemi tersebut, kamu diingatkan untuk selalu mencuci tangan dengan benar, dan jika perlu, menggunakan hand sanitizer agar tangan tetap bebas dari kuman. Berikut adalah langkah-langkah mencuci tangan dengan sabun yang tepat:

  • Basahi tangan dengan air yang mengalir
  • Ambil sabun secukupnya
  • Gosok sabun pada kedua telapak tangan
  • Gosok sabun pada punggung tangan kiri dan kanan secara bergantian
  • Gosok sabun di sela-sela jari
  • Gosok ujung jari kiri dan kanan pada telapak tangan dengan gerakan memutar
  • Bilas tangan hingga bersih
  • Keringkan tangan menggunakan handuk bersih atau pengering udara
5 dari 7 halaman

4. Memberikan Waktu untuk Olahraga

Olahraga kini telah mengalami perkembangan yang signifikan dan memiliki banyak variasi. Tidak ada lagi alasan untuk menunda waktu berolahraga, karena berbagai aktivitas fisik, baik yang dilakukan secara santai maupun kompetitif, kini dapat dilakukan baik di dalam maupun di luar rumah.

Kamu bisa mengajak anggota keluarga untuk berolahraga bersama di dalam rumah, seperti melakukan yoga, menggunakan treadmill, mengangkat beban, atau melakukan senam lantai lainnya yang bisa dilakukan di dalam ruangan. Di sisi lain, kamu juga bisa mencoba berbagai jenis olahraga di luar rumah, seperti berlari, lompat tali, berenang, bersepeda, dan masih banyak pilihan lainnya.

Dengan menyisihkan sedikit waktu untuk bergerak, manfaat yang didapat sangat beragam. Seperti menjauhkan berbagai penyakit, memperbaiki postur tubuh, meningkatkan daya pikir, membuatmu lebih produktif dan fokus, memperlancar peredaran darah, mencegah risiko cedera, meningkatkan nafsu makan, dan banyak lagi manfaat lainnya.

6 dari 7 halaman

5. Rutin Mandi

Mandi secara teratur setidaknya dua kali sehari sangat bermanfaat untuk membasmi kuman dan virus yang mungkin menempel di tubuh Anda, terutama setelah beraktivitas di luar ruangan. Berada di luar meningkatkan kemungkinan bertemu banyak orang yang kondisi kesehatannya tidak kita ketahui, apakah mereka sehat atau mungkin membawa virus menular.

Dengan mandi rutin, kebersihan pribadi Anda akan terjaga dan risiko tertular penyakit menular dapat berkurang. Aktivitas ini adalah cara yang efektif untuk membersihkan sel kulit mati dan kotoran yang melekat pada tubuh.

7 dari 7 halaman

6. Hidrasi yang Cukup

Cuaca yang berubah-ubah dapat menyebabkan dehidrasi. Pastikan untuk minum air yang cukup sepanjang hari, meskipun tidak merasa haus. Hindari minuman manis atau berkafein yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence