Sukses

4 Tips Pertolongan Pertama saat Kaki Keseleo, Hindari Risiko Cedera Lebih Serius

Terdapat cara memberikan pertolongan pertama untuk mengurangi risiko cedera yang lebih serius pada kaki yang terkilir

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda pernah mengalami kaki terkilir atau keseleo? Ini adalah kondisi di mana ligamen atau jaringan ikat pada sendi kaki mengalami cedera. Jaringan ini berfungsi untuk menjaga kestabilan sendi dan mencegah gerakan yang berlebihan yang dapat menyebabkan cedera.

Ketika jaringan ini terluka, sendi yang dilapisinya menjadi tidak stabil. Keseleo atau kaki terkilir dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, seperti saat mengenakan sepatu hak tinggi, berjalan biasa, atau berolahraga. Rasa sakit yang dihasilkan dari kondisi ini sangat menyakitkan pada awalnya karena intensitasnya yang luar biasa

Jadi, bagaimana cara memberikan pertolongan pertama untuk mengurangi risiko cedera yang lebih serius pada kaki yang terkilir? Mari lihat langkah-langkahnya yang dikenal dengan metode RICE sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Rabu (9/10/2024):

2 dari 6 halaman

1. Rest

Langkah awal yang perlu kamu ambil ketika mengalami kaki terkilir adalah dengan mengistirahatkan kaki tersebut dan menghindari pergerakan. Sangat penting untuk tidak mencoba berjalan, karena hal ini bisa memperparah kondisi cedera pada kakimu. Jika kamu perlu berpindah tempat, mintalah bantuan orang lain untuk memapahmu atau gunakan alat bantu seperti tongkat atau kruk agar tidak membebani kaki yang cedera.

3 dari 6 halaman

2. Ice

Langkah berikutnya, kamu dapat mengompres area cedera dengan es yang dibungkus handuk selama 15-20 menit, dilakukan 3-4 kali sehari selama 72 jam pertama. Hindari kompres dingin jika kamu memiliki masalah pembuluh darah atau menderita diabetes, karena hal ini dapat memengaruhi kondisi kesehatanmu.

4 dari 6 halaman

3. Compress

Untuk mencegah cedera lebih lanjut, balutlah pergelangan kaki yang terluka dengan perban elastis selama 48 hingga 72 jam. Tujuannya adalah memberikan istirahat pada area yang cedera dan mengurangi pembengkakan.

Mulailah membalut dari antara jari-jari kaki, melewati telapak kaki, kemudian naik ke arah tumit hingga pergelangan kaki. Pastikan perban tidak terlalu ketat agar sirkulasi darah tetap lancar. Selain itu, bungkuslah pergelangan kaki hingga beberapa sentimeter di atas area yang terluka.

5 dari 6 halaman

4. Elevation

Letakkan area yang mengalami cedera lebih tinggi dari posisi tubuh, terutama saat berbaring atau duduk. Langkah ini bertujuan untuk mengurangi pembengkakan dan memar yang mungkin terjadi setelah kaki dibalut dengan perban elastis. Kamu dapat memakai bantal atau benda lain yang lembut dan mampu menopang kaki agar posisinya lebih tinggi. Selain itu, cara ini juga memudahkan tubuh dalam mengalirkan cairan berlebih dari pergelangan kaki yang mengalami keseleo atau cedera.

Demikianlah beberapa langkah pertolongan pertama yang dapat kamu lakukan ketika mengalami cedera atau terkilir pada kaki. Pelajari dan pahami langkah-langkah tersebut!

6 dari 6 halaman

Tingkat keseleo

Sebelum Anda melakukan langkah pertolongan pertama, penting untuk mengetahui bahwa ada beberapa tingkat keparahan keseleo pada kaki, yaitu:

Keseleo ringan: Ditandai dengan sedikit bengkak dan nyeri di mana ligamen meregang tetapi tidak robek.

Keseleo sedang: Ditandai dengan rasa sakit, pembengkakan yang berkelanjutan, serta memar akibat pendarahan di bawah kulit. Hal ini terjadi karena sebagian ligamen kaki telah robek.

Keseleo parah: Ditandai dengan rasa sakit yang sangat hebat, bengkak, dan memar, di mana ligamen telah robek sepenuhnya, sehingga sulit untuk menopang tubuh.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence