Sukses

Doa Setelah Sholat Taubat dalam Bahasa Arab dan Latin, Lengkap dengan Dzikirnya

sholat taubat adalah ibadah sholat sunnah yang dilakukan sebagai sarana untuk memohon ampunan kepada Allah atas segala dosa-dosa yang telah dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Kesadaran akan kelemahan dan ketidaksempurnaan manusia menjadi landasan penting untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sholat taubat menjadi sarana yang indah bagi umat Islam untuk mengakui kesalahan dan memohon ampunan kepada Sang Pencipta. Ibadah ini menjadi wujud nyata dari kerendahan hati dan keinginan tulus untuk kembali ke jalan yang lurus.

Sebagai salah satu bentuk sholat sunnah, sholat taubat memiliki makna yang mendalam bagi kehidupan beribadah seorang Muslim. Sholat taubat juga merupakan manifestasi pengakuan diri atas dosa yang telah diperbuat dan tekad untuk memperbaiki diri. Melalui sholat taubat, seorang hamba membuka pintu dialog dengan Allah SWT, memohon bimbingan dan kekuatan untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

Setelah menunaikan sholat taubat, rangkaian doa dan dzikir menjadi pelengkap yang tak terpisahkan dari proses pertobatan. Bacaan doa ini bukan hanya kata-kata saja, melainkan ungkapan hati yang terdalam dan wujud ikhtiar kepada Allah SWT.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai bacaan doa setelah sholat taubat dalam bahasa Arab dan Latin yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (11/10/2024).

2 dari 5 halaman

Bacaan Niat Sholat Taubat

Sama seperti sholat Fardhu pada umumnya, sholat taubat juga diawali dengan niat. Berikut ini bacaan doa niat sholat Taubat dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya yang dilakukan sebanyak dua rakaat.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Arab-latin: Ushalli sunnatat taubati rak’ataini lillaahi ta’aala.

Artinya: "Aku berniat melakukan sholat sunah taubat dua rakaat karena Allah Ta’ala”

Sholat taubat ini umumnya dikerjakan sebanyak dua rakaat sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari Abu Bakar As Shiddiq RA. Beliau mendengar perkataan Rasulullah SAW yang menyatakan sholat taubat dikerjakan sebanyak dua rakaat,

مَا مِنْ عَبْدٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا فَيُحْسِنُ الطُّهُورَ ثُمَّ يَقُومُ فَيُصَلِّى رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلاَّ غَفَرَ اللَّهُ لَهُ

Artinya: "Tidaklah seorang hamba yang melakukan dosa, lalu ia bersuci dengan baik lalu ia berdiri untuk sholat dua rakaat, kemudian ia meminta ampunan kepada Allah melainkan Allah akan mengampuninya," (HR Abu Dawud, Tirmidzi, Ahmad, dan Ibnu Majah).

3 dari 5 halaman

Tata Cara Sholat Taubat

Bagi anda yang ingin mengerjakan sholat taubat, anda perlu mengetahui tata caranya. Hampir sama dengan sholat Subuh, sholat taubat ini dikerjakan sebanyak 2 rakaat dengan sekali salam. Namun, juga boleh melaksanakannya sebanyak empat rakaat atau enam rakaat.

Dalam pelaksanaannya sholat taubat lebih baik dilakukan secara sendirian karena sholat sunnah ini termasuk sholat nafilah, yang tidak disyariatkan untuk dilakukan secara berjamaah. Berikut merupakan tata cara sholat sunnah taubat:

  1. Membaca niat
  2. Takbiratul Ihram
  3. Membaca doa Istiftah/iftitah (sunnah)
  4. Membaca surat Al Fatihah
  5. Membaca surat dari Alquran
  6. Ruku' (membaca tasbih ruku' tiga kali)
  7. I'tidal (membaca doa i'tidal)
  8. Sujud (membaca tasbih sujud tiga kali)
  9. Duduk di antara dua sujud
  10. Sujud kedua (membaca tasbih sujud tiga kali)
  11. Bangun melanjutkan rakaat kedua seperti urutan di atas sampai 10
  12. Tasyahud akhir (membaca bacaan tasyahud akhir)
  13. Salam
  14. Berdoa mohon ampunan
4 dari 5 halaman

Doa Setelah Sholat Taubat dalam Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Berikut ini bacaan doa setelah sholat taubat, lengkap dalam Bahasa Arab, Latin dan terjemahannya:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ تَوْبَةَ عَبْدِ ظَالِمٍ لَا يَمْلِكُ لِنَفْسِهِ ضَرًّا وَلَا نَفْعًا وَلَا مَوْتًا وَلَا حَيَاةً وَلَا نُشُورًا.

Arab Latin: Astaghfirullaahal 'azhimal-ladzi laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi taubata 'abdin zhaalimin laa yamliku linafsihi dharran wa la naf’an walaa mautan wa laa hayaatan wa laa nusyuuraa.

Artinya: "Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung. Aku mengaku bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, Tuhan yang hidup terus selalu jaga. Aku memohon taubat kepada-Nya dengan taubatnya seorang hamba yang banyak berdosa, yang tidak mempunyai daya upaya untuk berbuat mudarat atau manfaat, untuk mati atau hidup, maupun bangkit nanti."

Selain itu, terdapat pula bacaan sayyidul istighfar setelah melaksanakan sholat taubat. Berikut ini bacaannya:

 اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Arab-latin: Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta khalaqtani, wa ana 'abduka, wa ana ala ahdika wawa'dika mastatha'tu, audzubka min syarrima shana'tu, abu'u laka bini'matika alayya wa abu'u laka bi dzanbi, faghfirli, fa innahu la yaghfirudzunuba illa Anta.

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi selain Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui dosaku kepada-Mu dan aku akui nikmat-Mu kepadaku, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain-Mu.”

5 dari 5 halaman

Bacaan Dzikir Setelah Sholat Taubat

Kemudian terdapat pula bacaan dzikir setelah sholat taubat yang bisa diamalkan setelah membaca doa yang telah dipaparkan sebelumnya. Berikut uraian bacaan dzikir yang dimaksud:

1. Istighfar 1000 Kali

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمِ

Arab Latin: Astaghfirullaahal 'azhiim.

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung."

2. Ya Tawwaab 440 Kali

يا تَوَّابُ

Arab Latin: Yaa Tawwab.

Artinya: "Wahai Dzat Yang Menerima Taubat."

3. Yaa 'Afuwwu 187 Kali

يَا عَفُوٌّ

Arab Latin: Yaa 'Afuwwu.

Artinya: "Wahai Dzat Yang Maha Pemaaf."

4. Ya Haadi 251 Kali

يَا هَادِى

Arab Latin: Ya Haadi.

Artinya: "Wahai Dzat Yang Maha Pemberi."

5. Yaa Bashiir 333 Kali

يَا بَصَيْرُ

Arab Latin: Yaa Bashiir.

Artinya: "Wahai Dzat Yang Maha Melihat."