Sukses

Kumpulan Doa Habis Sholat, Amalan Penting untuk Meningkatkan Keimanan

Temukan kumpulan lengkap doa habis sholat dalam tulisan Arab, latin, beserta artinya. Perkuat ibadah Anda dengan amalan-amalan penting setelah sholat lima waktu untuk meningkatkan keimanan dan keberkahan hidup.

Liputan6.com, Jakarta Sholat merupakan tiang agama dan kewajiban utama bagi setiap muslim. Namun, ibadah sholat tidak hanya terbatas pada gerakan dan bacaan wajib saja. Salah satu amalan penting yang sering dilupakan adalah membaca doa habis sholat. Doa-doa ini memiliki keutamaan dan manfaat yang luar biasa bagi kehidupan seorang muslim, baik di dunia maupun di akhirat.

Membaca doa habis sholat adalah bentuk zikir dan pengharapan kepada Allah SWT setelah menunaikan kewajiban sholat. Waktu setelah sholat diyakini sebagai salah satu waktu mustajab untuk berdoa, di mana Allah SWT lebih cenderung mengabulkan permohonan hamba-Nya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk membiasakan diri membaca doa-doa tertentu setelah menyelesaikan sholat lima waktu.

Dalam artikel ini, kita akan membahas kumpulan doa habis sholat yang bisa diamalkan sehari-hari. Setiap doa akan disajikan dalam tulisan Arab, transliterasi latin, dan terjemahan bahasa Indonesia untuk memudahkan pemahaman dan pengamalan. Mari kita mulai dengan doa-doa utama yang dianjurkan untuk dibaca setelah sholat, sebagaimana telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (12/10/2024).

2 dari 6 halaman

1. Membaca Istighfar

Salah satu doa habis sholat yang paling umum dan sangat dianjurkan adalah membaca istighfar atau memohon ampunan kepada Allah SWT. Biasanya dibaca sebanyak tiga kali.

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ الَّذِيْ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullaahal 'azhiim alladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaih

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, yang tidak ada Tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya."

Membaca istighfar setelah sholat memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah sebagai pembersih dosa dan kesalahan yang mungkin dilakukan selama sholat maupun di luar sholat. Ini juga menjadi pengingat bagi kita untuk selalu introspeksi diri dan berusaha menjadi lebih baik.

2. Membaca Tasbih, Tahmid, dan Takbir

Setelah membaca istighfar, dianjurkan untuk membaca tasbih, tahmid, dan takbir masing-masing sebanyak 33 kali. Ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, di mana Rasulullah SAW mengajarkan amalan ini.

 

سُبْحَانَ اللهِ (33x)

Subhaanallah (33x)

Artinya: "Maha Suci Allah" (33x)

 

الْحَمْدُ لِلَّهِ (33x)

Alhamdulillah (33x)

Artinya: "Segala puji bagi Allah" (33x)

 

اللهُ أَكْبَرُ (33x)

Allahu Akbar (33x)

Artinya: "Allah Maha Besar" (33x)

 

Setelah membaca masing-masing 33 kali, dianjurkan untuk menutupnya dengan membaca:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa 'alaa kulli syai-in qadiir

Artinya: "Tidak ada Tuhan selain Allah, Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan segala pujian, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu."

3 dari 6 halaman

3. Membaca Ayat Kursi

Membaca Ayat Kursi setelah sholat adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan. Ayat ini memiliki keutamaan yang luar biasa dalam melindungi pembacanya dari gangguan syaitan dan kejahatan.

اللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuum, laa ta'khudzuhuu sinatuw wa laa naum. Lahuu maa fis samaawaati wa maa fil ardh, man dzal ladzii yasyfa'u 'indahuu illaa bi idznih, ya'lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum wa laa yuhiithuuna bisyai'im min 'ilmihii illaa bimaa syaa' wasi'a kursiyyuhus samaawaati wal ardh, wa laa ya'uuduhuu hifzhuhumaa wa huwal 'aliyyul 'azhiim

Artinya: "Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar."

4. Membaca Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas

Membaca tiga surat terakhir dari Al-Qur'an setelah sholat juga merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Ketiga surat ini dikenal sebagai "Al-Mu'awwidzat" atau surat-surat perlindungan.

Surat Al-Ikhlas

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ﴿١﴾ اللَّهُ الصَّمَدُ ﴿٢﴾ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ﴿٣﴾ وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ ﴿٤﴾

Qul huwallahu ahad. Allahus-samad. Lam yalid wa lam yuulad. Wa lam yakul-lahuu kufuwan ahad.

Artinya: "Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia."

Surat Al-Falaq

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ ﴿١﴾ مِن شَرِّ مَا خَلَقَ ﴿٢﴾ وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ ﴿٣﴾ وَمِن شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ ﴿٤﴾ وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ ﴿٥﴾

Qul a'uudzu birabbil-falaq. Min sharri maa khalaq. Wa min sharri ghaasiqin idzaa waqab. Wa min sharrin-naffaathaati fil-'uqad. Wa min sharri haasidin idzaa hasad.

Artinya: "Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki."

Surat An-Nas

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ ﴿١﴾ مَلِكِ النَّاسِ ﴿٢﴾ إِلَٰهِ النَّاسِ ﴿٣﴾ مِن شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ ﴿٤﴾ الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ ﴿٥﴾ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ ﴿٦﴾

Qul a'uudzu birabbin-naas. Malikin-naas. Ilaahin-naas. Min sharril-waswaasil-khannaas. Alladzii yuwaswisu fii suduurin-naas. Minal-jinnati wan-naas.

Artinya: "Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia."

4 dari 6 halaman

5. Doa Memohon Keselamatan dan Kebaikan

Setelah membaca zikir dan surat-surat di atas, kita bisa melanjutkan dengan doa memohon keselamatan dan kebaikan di dunia dan akhirat.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي، اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِي وَآمِنْ رَوْعَاتِي، اللَّهُمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ وَمِنْ خَلْفِي وَعَنْ يَمِينِي وَعَنْ شِمَالِي وَمِنْ فَوْقِي، وَأَعُوذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي

Allahumma innii as-alukal 'afwa wal 'aafiyata fid-dunyaa wal aakhirah. Allahumma innii as-alukal 'afwa wal 'aafiyata fii diinii wa dunyaaya wa ahlii wa maalii. Allahum-mastur 'awraatii wa aamin raw'aatii. Allahummahfazhnii mim bayni yadayya wa min khalfii wa 'an yamiinii wa 'an shimaalii wa min fawqii. Wa a'uudzu bi'azhamatika an ughtaala min tahtii

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ampunan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ampunan dan keselamatan dalam agamaku, duniaku, keluargaku dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku (aib dan sesuatu yang tidak layak dilihat orang) dan tenteramkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah, peliharalah aku dari muka, belakang, kanan, kiri dan atasku. Aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak disambar dari bawahku."

6. Doa Memohon Perlindungan dari Siksa Kubur dan Neraka

Salah satu doa habis sholat yang penting adalah memohon perlindungan dari siksa kubur dan neraka.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

Allahumma innii a'uudzu bika min 'adzaabil-qabri, wa min 'adzaabi jahannama, wa min fitnatil-mahyaa wal-mamaati, wa min syarri fitnatil-masiihid-dajjaal

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, dari siksa neraka Jahannam, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari kejahatan fitnah Al-Masih Ad-Dajjal."

7. Doa Memohon Ilmu yang Bermanfaat dan Rezeki yang Halal

Setelah sholat juga merupakan waktu yang baik untuk memohon ilmu yang bermanfaat dan rezeki yang halal.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma innii as-aluka 'ilman naafi'an, wa rizqon thoyyiban, wa 'amalan mutaqabbalan

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal, dan amalan yang diterima."

5 dari 6 halaman

8. Doa Memohon Hidayah dan Istiqamah

Memohon hidayah dan istiqamah dalam beribadah juga merupakan doa yang penting untuk dibaca setelah sholat.

اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِي فِيمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِي فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِي وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ، إِنَّهُ لَا يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلَا يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ

Allahummahdinii fiiman hadayt, wa 'aafinii fiiman 'aafayt, wa tawallinii fiiman tawallayt, wa baarik lii fiimaa a'thoyt, wa qinii syarra maa qodhoyt, fa innaka taqdhii wa laa yuqdhoo 'alayk, wa innahu laa yadzillu man waalayt, wa laa ya'izzu man 'aadayt, tabaarokta robbanaa wa ta'aalayt

Artinya: "Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang-orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berikanlah keberkahan pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang telah Engkau tetapkan. Maka sesungguhnya Engkau yang menentukan dan tidak ada yang dapat menolak ketetapan-Mu. Dan tidaklah hina orang yang Engkau bela dan tidaklah mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi Engkau."

9. Doa Memohon Kebaikan Dunia dan Akhirat

Salah satu doa yang sering dibaca setelah sholat adalah doa memohon kebaikan di dunia dan akhirat.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana atina fid-dunya hasanatan wa fil-akhirati hasanatan waqina 'adzaban-nar

Artinya: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa neraka."

6 dari 6 halaman

10. Doa Penutup

Sebagai penutup rangkaian doa habis sholat, kita bisa membaca doa berikut:

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Subhaana rabbika rabbil 'izzati 'ammaa yasifuun. Wa salaamun 'alal mursaliin. Wal hamdu lillaahi rabbil 'aalamiin

Artinya: "Maha Suci Tuhanmu, Tuhan Yang Maha Perkasa dari apa yang mereka katakan. Dan kesejahteraan dilimpahkan atas para rasul. Dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam."

Membaca doa habis sholat merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Selain sebagai bentuk zikir dan pengharapan kepada Allah SWT, doa-doa ini juga memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita sehari-hari. Dari memohon ampunan, perlindungan, hingga kebaikan dunia dan akhirat, doa-doa ini mencakup berbagai aspek kehidupan seorang muslim.

Penting untuk diingat bahwa kita tidak harus membaca semua doa yang disebutkan di atas setiap kali selesai sholat. Kita bisa memilih beberapa doa yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kita saat itu. Yang terpenting adalah konsistensi dalam mengamalkannya dan kekhusyukan dalam berdoa.

Semoga dengan mengamalkan doa-doa habis sholat ini, kita dapat meningkatkan kualitas ibadah kita, memperkuat hubungan dengan Allah SWT, dan mendapatkan keberkahan dalam kehidupan di dunia dan akhirat. Ingatlah selalu bahwa doa adalah senjata orang beriman, dan Allah SWT Maha Mendengar lagi Maha Mengabulkan doa hamba-hamba-Nya yang tulus.