Sukses

Bacaan Doa Sholat Witir 3 Rakaat, Panduan Lengkap dan Keutamaannya

Bacaan doa witir 3 rakaat dan informasi penting lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Sholat witir merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dalam Islam, khususnya sebagai penutup rangkaian sholat malam. Di antara berbagai variasi pelaksanaannya, doa sholat witir 3 rakaat menjadi pilihan yang cukup populer di kalangan umat Muslim. Memahami dan mengamalkan doa sholat witir 3 rakaat dengan benar dapat meningkatkan kualitas ibadah malam kita secara signifikan.

Bagi mereka yang ingin menyempurnakan ibadah malamnya, mengetahui doa sholat witir 3 rakaat menjadi hal yang esensial. Doa sholat witir 3 rakaat tidak hanya sekedar rangkaian kata-kata, tetapi juga merupakan sarana komunikasi intim antara seorang hamba dengan Sang Pencipta. Dengan memahami makna dan tata cara pengucapan doa sholat witir 3 rakaat yang benar, kita dapat merasakan kedekatan yang lebih mendalam dengan Allah SWT.

Dalam artikel ini, kita akan mengulas secara komprehensif tentang doa sholat witir 3 rakaat, mulai dari niat, tata cara pelaksanaan, hingga doa-doa yang dibaca setelahnya. Dengan mendalami doa sholat witir 3 rakaat, diharapkan kita dapat meningkatkan kualitas ibadah malam dan meraih keberkahan serta kedekatan dengan Allah SWT yang lebih intens.

Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber bacaan doa witir 3 rakaat, pada Senin (14/10).

2 dari 4 halaman

1. Pengertian dan Keutamaan Sholat Witir

Sholat witir adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari, tepatnya setelah sholat Isya hingga menjelang fajar Subuh. Kata "witir" sendiri berarti ganjil, yang menunjukkan bahwa jumlah rakaat sholat ini selalu ganjil, bisa 1, 3, 5, 7, atau 11 rakaat.

Mayoritas ulama sepakat bahwa hukum sholat witir adalah sunnah muakkad, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib:

"Sholat witir bukanlah merupakan sholat yang harus dikerjakan sebagaimana sholat fardhu. Sholat witir adalah sholat yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW." (HR Tirmidzi, Nasa'i & Ahmad)

Sholat witir memiliki beberapa keutamaan yang luar biasa, di antaranya:

1. Mendapat pahala yang berlipat ganda, sebagaimana disebutkan dalam hadits:

"Sesungguhnya, Allah ﷻ telah menyediakan kepada kalian semua sebuah shalat, yang ia lebih baik bagi kalian daripada unta merah, yaitu shalat witir, dan menjadikannya berada di antara shalat Isya' hingga terbitnya fajar (shadiq)" (HR Abu Daud)

2. Disaksikan oleh malaikat, seperti yang dijelaskan dalam hadits:

"Siapa yang khawatir tidak bangun di akhir malam, maka witirlah terlebih dahulu. Sementara orang yang yakin bangun di akhir malam, kerjakanlah witir di akhir malam, sebab shalat di akhir malam itu disaksikan malaikat dan lebih utama," (HR Muslim)

3. Menghindarkan diri dari perbuatan maksiat

4. Mendapat rahmat dan ampunan dari Allah SWT

5. Mendapat kedudukan yang mulia di sisi Allah SWT

6. Mendekatkan diri kepada Allah SWT

3 dari 4 halaman

2. Tata Cara Sholat Witir 3 Rakaat

Sholat witir 3 rakaat merupakan salah satu variasi pelaksanaan sholat witir yang populer di kalangan umat Muslim. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang tata cara pelaksanaannya:

Niat Sholat Witir 3 Rakaat

Niat merupakan syarat sahnya ibadah. Untuk sholat witir 3 rakaat, niatnya adalah sebagai berikut:

اُصَلِّى سُنَّةَ الْوِتْرِ ثَلَاثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal witri tsalâtsa raka'âtin mustaqbilal qiblati adâ'an lillâhi ta'âlâ

Artinya: "Aku menyengaja salat sunnah salat witir tiga rakaat dengan menghadap kiblat karena Allah Ta'ala."

Langkah-langkah Pelaksanaan Sholat Witir 3 Rakaat

  • Niat
  • Takbiratul Ihram
  • Membaca Al-Fatihah dan Surah Pendek (Rakaat Pertama)
  • Rukuk
  • I'tidal
  • Sujud Pertama
  • Duduk antara dua sujud
  • Sujud kedua
  • Berdiri dan masuk rakaat kedua
  • Membaca Al-Fatiha dan dilanjutkan surah Al-Kafirun (Rakaat Kedua)
  • Rukuk
  • I'tidal
  • Sujud pertama
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud kedua
  • Berdiri dan masuk rakaat ketiga
  • Membaca surat Al-Fatihah dan dilanjut surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas (Rakaat Ketiga)
  • Rukuk
  • İ'tidal
  • Sujud pertama
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud kedua
  • Tasyahud akhir
  • Salam

Dengan mengikuti tata cara ini, Anda dapat melaksanakan sholat witir 3 rakaat dengan sempurna. Ingatlah untuk selalu menjaga kekhusyukan dan konsentrasi selama sholat, karena kekhusyukan adalah inti dari ibadah sholat.

4 dari 4 halaman

3. Doa Setelah Sholat Witir 3 Rakaat

Setelah melaksanakan sholat witir 3 rakaat, dianjurkan untuk membaca doa. Berikut adalah doa pendek yang bisa dibaca:

اَللّٰهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ لَا أُحْصِيْ ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ

Allahumma inni a'udzu biridhaka min sakhathika wa bi mu'afatika min 'uqubatika wa a'udzubika minka la uhshi tsana'an 'alaika anta kama atsnaita 'ala nafsika.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari kemurkaan-Mu, dengan keselamatan-Mu dari hukuman-Mu, dan berlindung kepada-MU dari siksaan-Mu. Aku tidaklah mampu menghitung pujian dan sanjungan kepada-Mu, Engkau adalah sebagaimana Engkau menyanjung/memuji diri-Mu sendiri."

Untuk doa yang lebih panjang, bisa dibaca doa berikut:

أَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْاَلُكَ إِيْمَانًا دَاِئمًا وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا وَنَسْأَلُكَ عَمَلًا صَالِحًا وَنَسْأَلُكَ دِيْنًا قَيِّمًا وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الْغِنَى عَنِ النَّاسِ أَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلَاتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخَشُّعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا أَللهُ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innaa nas-aluka iimaanan daa-iman. Wanas- aluka qalban khaasyi'an. Wanas-aluka 'ilman naafi'an. Wanas-aluka yaqiinan shaadiqan. Wanas-aluka 'amalan shaalihan. Wanas-aluka diinan qayyiman. Wanas-aluka khairan katsiiran. Wanas-alukal 'afwa wal 'aafiyah. Wanas-aluka tamaamal 'aafiyah. Wanas-alukasy syukra 'alal 'aafiyati, wanas-alukal ghinaa-a 'anin naas. Allaahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhassyu'anaa watadharru'anaa wata'abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaah yaa allaah yaa allaah yaa arhamar raahimiin. Wasallallaahu 'alaa khairi khalqihii muhammadin wa 'alaa aalihii wasahbihii ajma'iina walhamdu lillaahi rabbil 'aalamiina

Artinya: "Ya Allah, kami mohon pada-Mu, iman yang langgeng, hati yang khusyuk, ilmu yang bermanfaat, keyakinan yang benar, amal yang saleh, agama yang lurus, kebaikan yang banyak. Kami mohon kepada-Mu ampunan dan kesehatan, kesehatan yang sempurna, kami mohon kepada-Mu bersyukur atas karunia kesehatan, kami mohon kepada-Mu kecukupan terhadap sesama manusia. Ya Allah, tuhan kami terimalah dari kami: sholat, puasa, ibadah, kekhusyu'an, rendah diri dan ibadah kami, dan sempurnakanlah segala kekurangan kami. Ya allah, Tuhan yang Mahapengasih dari segala yang pengasih. Dan semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada makhluk-Nya yang terbaik, Nabi Muhammad SAW, demikian pula keluarga dan para sahabatnya secara keseluruhan. Serta segala puji milik Allah Tuhan semesta alam."

 

4. Wirid Setelah Sholat Witir 3 Rakaat

Selain doa, ada beberapa wirid yang dianjurkan untuk dibaca setelah sholat witir. Berikut adalah rangkaian wirid tersebut:

Syahadat: أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ (Asyhadu an lā ilāha illallāh)

Istighfar: أَسْتَغْفِرُ اللهَ (Astaghfirullāh)

Tasbih: سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ (Subhānal malikil quddūs)

Pujian Kesucian: سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّنَا وَرَبُّ المَلَائِكَةِ وَالرُّوْحِ (Subbūhun, quddūsun, rabbunā wa rabbul malā'ikati war rūh)

Pujian atas Keluasan Ampunan: اللَّهُمَّ إنَّك عَفْوٌ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي (Allāhumma innaka 'afuwwun karīmun tuhibbul 'afwa, fa'fu 'annī)

Dengan mengamalkan doa dan wirid setelah sholat witir 3 rakaat ini, diharapkan kita dapat meraih keberkahan dan kedekatan dengan Allah SWT yang lebih intens.