Sukses

Bacaan Doa Seribu Dinar Latin dan Artinya, Amalan untuk Raih Rezeki

Doa seribu dinar merupakan salah satu doa yang dipercaya memiliki kekuatan besar dalam membuka pintu rezeki bagi umat Islam.

Liputan6.com, Jakarta Doa seribu dinar merupakan salah satu doa yang dipercaya memiliki kekuatan besar dalam membuka pintu rezeki bagi umat Islam. keberadaan ayat 1000 dinar tidak hanya sebatas pada teks Al-Quran, tetapi juga dihubungkan dengan amalan dan doa dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Untuk diketahui, ayat seribu dinar dipercaya oleh umat Muslim sebagai doa yang mempunyai banyak keistimewaan. Bahkan, doa ini dianggap sebagai doa yang bisa mendatangkan rezeki dari Allah SWT.

Selain itu, membacakan ayat seribu dinar juga dipercaya memberikan manfaat yang besar terutama untuk mendapatkan amalan yang besar. Khususnya untuk memohon kecukupan dan agar rezeki didapatkan dari sumber yang tidak terduga.

Ayat seribu dinar Latin dan artinya merupakan bacaan doa pendek yang ada di dalam Al-Qur'an. Ayat seribu dinar Latin diambil dari bagian akhir ayat kedua dan seluruh bagian ayat ketiga surat At Thalaq.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai bacaan doa seribu dinar Latin dan artinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/10/2024).

2 dari 5 halaman

Bacaan Doa Seribu Dinar Latin dan Artinya

Dikutip dari laman resmi Baznas, berikut ini bacaan doa seribu dinar dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya:

وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًا ۙ ٢ وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Arab Latin: Wa may yattaqillaha yaj al-lahu makhraja. Wa yarzuq-hu min aisu la yahtasib, wa may yatawakkal alallahi fa huwa hasbuh, innallaha baligu amrih, qad ja alallahu likulli syai in qadra.

Artinya: “Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya, sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS. Ath-Thalaq: 2-3).

3 dari 5 halaman

Keutamaan Mengamalkan Doa Seribu Dinar Setiap Hari

Masih dari sumber yang sama, doa seribu dinar mengandung beberapa keutamaan, salah satunya bertakwa dengan menaati perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya. Bagi umat muslim yang bertakwa, maka Allah akan memberikan jalan keluar dari segala urusannya dan mendatangkan rezeki dari jalan yang tidak terduga. Rezeki yang dimaksud dalam ayat seribu dinar tidak hanya berupa materi, namun juga bersifat spiritual seperti ketenangan, kelapangan dan kepuasan hati.

Dahsyatnya ayat seribu dinar membuat banyak umat Islam mengamalkan ayat tersebut sebagai doa memohon rezeki dari Allah SWT. Ayat seribu dinar dapat dibaca setiap harinya, khususnya setelah shalat fardhu, sambil senantiasa berikhtiar agar Allah melimpahkan rezeki yang dapat dinikmati di dunia maupun di akhirat kelak.

Selain itu, keutamaan lainnya dari membaca doa seribu dinar adalah senantiasa memberikan kemudahan kepada umatnya. Sehingga Allah akan memberikan jalan keluar atas masalah-masalah yang dihadapinya. Bahkan Allah SWT sudah memberikan ketetapan atas segala sesuatunya kepada setiap umatnya. Sehingga apapun segala sesuatu baik tentang rezeki atau pertolongan yang diberikan untuk menghadapi permasalahan yang dimiliki telah ditetapkan oleh Allah SWT.

4 dari 5 halaman

Asal Usul Nama Doa Seribu Dinar

Melansir dari laman Islam Liputan6.com, nama dari doa seribu dinar memiliki asal usul yang panjang. Berawal dari seorang pedagang yang mendapat mimpi bertemu dengan Nabi Khidir as. Saat itu dalam mimpinya Nabi Khidir as meminta pedagang untuk memberikan sedekah 1000 dinar emas kepada fakir miskin.

Kemudian setelah melaksanakan permintaan tersebut sang pedagang akan merasakan keberkahan. Setelah sedekah ini ditunaikan, Nabi Khidir kembali datang lewat mimpi untuk mengajarkan ayat-ayat suci kepada pedagang tadi, agar diamalkan setiap hari, supaya ia selamat dari malapetaka.

Suatu ketika sang pedagang pergi berlayar ke tanah seberang sambil membawa harta kekayaannya. Di tengah laut kapal yang ditumpanginya hancur diterjang badai, dan dialah satu-satunya orang yang selamat. Hal ini berkat pedagang tersebut mengamalkan doa seribu dinar setiap hari. Ia terdampar di daratan seberang bersama seluruh harta yang dibawanya. Bahkan ada kisah yang menceritakan, di kemudian hari pedagang tadi menjadi raja di tempat di mana ia terdampar.

Melalui kisah tersebut muncul “ayat 1000 dinar” yang menjadi simbol keberkahan serta keajaiban yang dikenal sampai sekarang, tidak lain adalah ayat yang diajarkan oleh Nabi Khidir as. kepada pedagang tadi adalah ayat kedua dan ketiga QS. Ath Thalaaq.

Dari cerita tersebut umat Muslim banyak yang percaya bahwa doa seribu dinar mampu melenyapkan kesulitan yang anda hadapi, diberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka, dan tercukupi segala kebutuhannya. Amalan Ayat Seribu Dinar adalah kunci memperoleh rezeki yang melimpah dan kekayaan yang tiada habisnya.

5 dari 5 halaman

Tata Cara Mengamalkan Doa Seribu Dinar

Adapun tata cara untuk mengamalkan doa seribu dinar agar doa kita diijabah oleh Allah SWT, yakni:

1. Membaca Al-Fatihah

Amalan dimulai dengan membaca surah Al-Fatihah sebanyak 1000 kali pada malam pertama dari setiap bulan kalender Hijriah. Bacaan ini dilakukan dengan penuh khusyuk dan keyakinan, sebagai langkah awal dalam menanamkan kehadiran Allah dalam setiap aspek hidup.

2. Membaca Al-Maidah Ayat 114

Setelah membaca Al-Fatihah, dilanjutkan dengan membaca ayat Al-Maidah ayat 114 sebanyak 21 kali. Ayat ini dipilih karena mengandung doa Nabi Isa a.s., yang merupakan doa memohon rezeki dan keberkahan dari Allah.

3. Membaca Ayat Seribu Dinar

Tahap berikutnya adalah membaca ayat seribu dinar (surat Al-Talaq ayat 2 dan 3) sebanyak 21 kali. Pengulangan ini diyakini sebagai bentuk ketekunan dan kesungguhan dalam menyampaikan permohonan kepada Allah.

4. Membaca Asma Allah SWT

Amalan dilengkapi dengan membaca asma Allah SWT, yaitu doa yang mencakup beberapa sifat Allah seperti Al-Fattah (Yang Membuka), Ar-Razzaq (Yang Memberi Rezeki), Al-Karim (Yang Maha Pemurah), dan lainnya. Bacaan ini dilakukan sebanyak 10 kali untuk memperkuat ikatan spiritual dengan Allah.