Sukses

Menjelajahi Singapura, Ini 5 Destinasi Wisata Keluarga untuk Liburan Akhir Tahun

Siap merencanakan liburan seru ke Singapura dengan keluarga? Ayo, cek tempat-tempat menarik berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Singapura, sebagai salah satu negara paling maju di Asia Tenggara, selalu memikat wisatawan dengan inovasi dan atraksi barunya yang menawan. Dengan infrastruktur transportasi yang efisien dan wilayah yang saling terhubung, menjelajahi Singapura menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mudah. Negara ini menawarkan berbagai pilihan destinasi yang cocok untuk dinikmati oleh semua kalangan menjadikannya tujuan ideal untuk liburan keluarga.

Menjelang akhir tahun, Singapura semakin semarak dengan berbagai kegiatan dan acara menarik yang dapat dinikmati oleh seluruh keluarga. Dari pameran bertema yang edukatif hingga wisata alam yang menenangkan, ada banyak pilihan untuk mengisi liburan akhir tahun Anda.

Penasaran dengan destinasi-destinasi yang bisa Anda kunjungi? Berikut adalah lima rekomendasi destinasi wisata keluarga yang wajib dikunjungi saat liburan akhir tahun di Singapura, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (23/10/2024).

2 dari 6 halaman

1. Studio Ghibli Universe

Para penggemar Studio Ghibli sebaiknya tidak melewatkan kesempatan untuk mengunjungi pameran bertema ini. Sebagai salah satu pameran terbesar, Pameran Studio Ghibli yang pertama kali hadir di Singapura berlangsung dari 5 Oktober hingga 2 Februari 2025. Bertempat di ArtScience Museum, pameran ini menampilkan 11 film terkenal dari Studio Ghibli. Para penggemar akan dapat melihat lebih dekat karakter dari My Neighbour Totoro, Kiki's Delivery Service, Howl's Moving Castle, Princess Mononoke, dan lainnya.

Di pameran ini, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas, tidak hanya berfoto dengan instalasi, tetapi juga terlibat secara langsung. Anda dapat membuat origami Totoro, berpartisipasi dalam stempel run, atau mencoba menggambar. Di akhir kunjungan, ada kesempatan untuk membeli souvenir asli dari Studio Ghibli. Siapkan waktu sekitar 3-4 jam untuk menjelajahi semua instalasi di pameran. Harap bersabar karena beberapa spot foto mungkin memiliki antrian yang cukup panjang.

3 dari 6 halaman

2. The Ilumi

Marina Bayfront di Singapura kini semakin memukau dengan hadirnya Illumi, sebuah instalasi pencahayaan, suara, dan multimedia terbesar di dunia, yang berlangsung dari 13 September 2024 hingga 2 Februari 2025. Illumi menghadirkan 'Tree of Lights', pohon bercahaya tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 47 meter, serta komidi putar yang menakjubkan. Pengunjung juga dapat menikmati sembilan segmen berbeda yang dipenuhi animatronik yang bergerak dan ribuan instalasi yang diterangi oleh 20 juta lampu LED. 

Cahaya yang memancar tidak hanya menyenangkan anak-anak, tetapi juga para orangtua. Beragam instalasi menarik di setiap segmen membuat pengunjung betah berlama-lama. Anda bisa mengeksplorasi sembilan segmen bertema unik, seperti The Enchanted Maples yang membawa pengunjung ke Kanada, negeri ajaib musim dingin dengan salju berkilau di Wall of Lights, tempat damai dengan lebih dari 200 struktur hewan di Puppies and Kitties, Hutan Ajaib yang bercahaya dengan satwa liar yang megah, hingga The Dune Palace yang terinspirasi dari Sahara.

4 dari 6 halaman

3. Play: Date – Membuka Lemari Mainan di Museum Nasional Singapura

Apakah kamu pernah mengingat mainan yang paling kamu sukai ketika masih kecil? Pernahkah terpikir untuk memperkenalkannya langsung kepada anak-anak atau keponakanmu? Inilah momen yang tepat untuk berbagi pengalaman masa kecilmu yang menyenangkan dengan mereka. Mulai dari tamiya, barbie, hingga tamagotchi.

Beberapa mainan dalam pameran ini merupakan koleksi eksklusif yang hanya dapat ditemukan di Singapura. Ada lebih dari 250 koleksi mainan yang dikenal baik secara lokal maupun internasional. Sebagian besar mainan ini berasal dari era 1980-an hingga sekarang, dan banyak yang bekerja sama dengan seniman lokal.

5 dari 6 halaman

4. Taman Burung

Bird Paradise adalah salah satu taman burung terbesar di Asia, yang mencakup area seluas 17 hektare. Taman ini menampung sekitar 3.500 burung dari 400 spesies, dengan 24 persen di antaranya berada dalam status terancam punah. Dirancang untuk memicu penemuan di setiap kesempatan, Bird Paradise mengajak pengunjung untuk menjelajahi habitat campuran yang imersif dan naturalistik di delapan kandang burung besar yang mencerminkan berbagai bioma di dunia.

Banyak kegiatan menarik yang dapat dinikmati bersama keluarga, termasuk bertemu dengan penguin yang menggemaskan. Rasakan pengalaman seru saat melihat penguin di Penguin Cove. Selain itu, pengunjung dapat memberi makan burung dan menyaksikan pertunjukan burung di Sky Amphitheatre yang memiliki kapasitas 2.000 tempat duduk.

6 dari 6 halaman

5. Space Explorer: The Infinite Exhibition

Ingin tahu bagaimana rasanya menjadi astronot? Pengalaman di Space Explorer: The Infinite Exhibition bisa menjadi pilihan liburan seru bersama keluarga Anda. Terletak di Science Centre Singapore, The Annexe, atraksi ini sangat ideal untuk anggota keluarga yang berusia 9 tahun ke atas.

Dalam pameran eksplorasi luar angkasa pertama dan terbesar di Asia Tenggara ini, Anda akan menemukan banyak hal menarik. Terinspirasi oleh misi NASA, petualangan inovatif ini membawa pengunjung melampaui batas Bumi, menghidupkan alam semesta melalui teknologi VR yang tersedia. Luangkan waktu 1,5 hingga 2 jam untuk merasakan pengalaman yang tak terlupakan menjelajahi luar angkasa.

Jadi, tempat mana yang menjadi favorit Anda? Selamat menunggu liburan akhir tahun!

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence