Sukses

Bacaan Doa Sesudah Tahajud Lengkap dengan Dzikir dan Wiridnya

Bacaan doa sesudah tahajud lengkap dengan dzikir dan wiridnya

Liputan6.com, Jakarta Shalat tahajud merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam, dan doa sesudah tahajud memiliki kedudukan istimewa karena dipanjatkan pada waktu yang mustajab. Allah SWT telah menjanjikan kemuliaan bagi hamba-Nya yang bangun di sepertiga malam untuk bermunajat, termasuk membaca doa sesudah tahajud dengan penuh kekhusyukan.

Para ulama menjelaskan bahwa doa sesudah tahajud memiliki peluang besar untuk dikabulkan karena waktu pembacaannya yang istimewa. Sebagaimana disebutkan dalam hadits, Allah SWT turun ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir dan menyerukan "Siapa yang berdoa kepada-Ku, akan Aku kabulkan". Oleh karena itu, memahami dan mengamalkan doa sesudah tahajud menjadi sangat penting bagi setiap Muslim.

Untuk mendapatkan keberkahan maksimal dari ibadah tahajud, penting bagi kita untuk mengetahui bacaan doa sesudah tahajud yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Artikel ini akan membahas secara lengkap tentang bacaan doa, dzikir, dan wirid yang dapat diamalkan setelah shalat tahajud.

Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber bacaan doa sesudah tahajud lengkap dengan dzikir dan wiridnya, pada Selasa (22/10).

2 dari 4 halaman

1. Dasar Keutamaan Shalat Tahajud dan Doanya

Sebelum membahas tentang doa-doa yang dibaca setelah shalat tahajud, penting bagi kita untuk memahami dasar dan landasan syariat yang menunjukkan keutamaan shalat tahajud dan doa-doanya. Pemahaman ini akan menguatkan keyakinan kita dalam menjalankan ibadah tahajud dan memotivasi kita untuk konsisten melaksanakannya.

Allah SWT berfirman dalam QS Al-Isra ayat 79:

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

"Wa minal laili fatahajjad bihī nāfilatal lak, 'asā ay yab'aṡaka rabbuka maqāmam maḥmūdā"

Artinya: "Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji."

 

2. Doa Utama Setelah Shalat Tahajud

Setelah melaksanakan shalat tahajud, ada beberapa rangkaian doa yang dianjurkan untuk dibaca. Doa-doa ini merupakan warisan dari Rasulullah SAW yang memiliki makna mendalam dan keutamaan tersendiri. Mari kita pelajari rangkaian lengkap doa setelah shalat tahajud berikut ini.

Berikut adalah doa yang dibaca Rasulullah SAW setelah shalat tahajud (HR. Bukhari dan Muslim):

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Bacaan latin: Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa'dukal haq. Wa liqâ'uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ'atu haq. Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a'lantu, wa mâ anta a'lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu'akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh.

Artinya: "Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah."

3 dari 4 halaman

3. Rangkaian Dzikir dan Wirid Setelah Tahajud

Selain doa, ada rangkaian dzikir dan wirid yang sebaiknya diamalkan setelah shalat tahajud. Rangkaian ini akan melengkapi dan menyempurnakan ibadah malam kita. Berikut adalah urutan dzikir dan wirid yang dianjurkan beserta jumlah pengucapannya.

a. Bacaan Istighfar (100 kali)

اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

"Astaghfirullahal 'adhiimi wa-atuubu ilaihi"

b. Shalawat Nabi (100 kali)

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

"Allahumma Shalli 'Alaa Sayyidinaa Muhammad Wa'alaa Aali Sayyidinaa Muhammadin"

c. Asmaul Husna (140 kali)

يا لطيفُ يا مُعِزُّ يا حميدُ يا جليلُ

"Yaa lathiifu-yaa muizzu-yaa hamiidu-ya jaliilu"

 

4. Waktu Utama Pelaksanaan Tahajud

Untuk memaksimalkan manfaat dan keutamaan shalat tahajud, kita perlu memahami waktu-waktu utama pelaksanaannya serta tata cara yang benar. Pemahaman ini akan membantu kita meraih keutamaan tahajud secara optimal. Waktu pelaksanaan shalat tahajud dapat dibagi menjadi tiga periode:

  • Sepertiga malam pertama (19.00 - 22.00) - Waktu utama
  • Sepertiga malam kedua (22.00 - 01.00) - Lebih utama
  • Sepertiga malam terakhir (01.00 - 04.00) - Paling utama
4 dari 4 halaman

5. Keistimewaan dan Keutamaan Shalat Tahajud

Allah SWT telah menjanjikan berbagai keutamaan dan manfaat bagi mereka yang istiqomah melaksanakan shalat tahajud. Manfaat ini tidak hanya dirasakan dalam aspek spiritual, tetapi juga dalam kehidupan sosial dan kebahagiaan di akhirat. Beberapa keistimewaan melaksanakan shalat tahajud:

  • Mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat
  • Memancarkan cahaya keimanan
  • Allah memelihara dari bahaya
  • Wajah bercahaya saat dibangkitkan
  • Dimudahkan hisab
  • Mendapat kitab amal di tangan kanan
  • Kemudahan melewati shirath
  • Mendapat perhatian dan kecintaan dari sekitar
  • Perkataan didengar dan dituruti orang lain

 

6. Adab dan Tata Cara Berdoa Setelah Tahajud

Agar doa-doa yang kita panjatkan setelah shalat tahajud lebih berkesempatan untuk dikabulkan, ada beberapa adab dan etika yang perlu diperhatikan. Pemahaman dan penerapan adab ini akan meningkatkan kualitas doa kita. Untuk memaksimalkan pengabulan doa, perhatikan adab-adab berikut:

  • Dalam keadaan suci dan berwudhu
  • Menghadap kiblat
  • Mengangkat tangan
  • Berdoa dengan suara lembut
  • Memulai dengan hamdalah dan shalawat
  • Berdoa dengan khusyuk dan penuh keyakinan
  • Mengulang doa tiga kali
  • Mengamini doa sendiri
  • Menutup dengan hamdalah dan shalawat

Demikianlah pembahasan lengkap tentang doa sesudah tahajud beserta informasi terkait lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu meningkatkan kualitas ibadah malam kita. Ingatlah bahwa konsistensi dalam beribadah lebih baik daripada ibadah yang banyak namun tidak istiqomah.