Sukses

Daftar Kepala Badan, Utusan, hingga Penasihat Khusus Prabowo Subianto

Presiden Prabowo Subianto telah resmi melantik sejumlah tokoh penting mulai dari Utusan Khusus Presiden, Penasihat Khusus Presiden, hingga Staf Khusus Presiden.

Liputan6.com, Jakarta Dalam upaya memperkuat jajaran pemerintahan yang baru, Presiden Prabowo Subianto telah resmi melantik sejumlah tokoh penting untuk menduduki berbagai posisi strategis di lingkungan kepresidenan dan lembaga negara. Pelantikan yang berlangsung di Istana Negara pada Selasa pagi (22/10/2024) ini menandai babak baru dalam struktur kepemimpinan nasional. Momentum pelantikan ini menjadi langkah awal yang signifikan bagi pemerintahan Presiden Prabowo dalam membangun tim kerja yang solid untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan nasional.

Prosesi pelantikan yang dimulai pukul 10.00 WIB tersebut berlangsung khidmat dengan didahului pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung Sunarto. Rangkaian pelantikan mencakup berbagai posisi penting, mulai dari Utusan Khusus Presiden, Penasihat Khusus Presiden, Staf Khusus Presiden, hingga pimpinan berbagai badan strategis seperti Badan Penyelenggaraan Haji dan Badan Pengelola Investasi Daya Anggata Nusantara. Pengangkatan para pejabat baru ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam memaksimalkan kinerja birokrasi untuk pelayanan publik yang lebih baik.

Kehadiran para tokoh yang dilantik dalam jajaran kepresidenan dan badan-badan strategis ini diharapkan dapat membawa pembaruan dan terobosan dalam pengelolaan berbagai sektor penting negara.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai daftar kepala badan, utusan, hingga penasihat khusus Prabowo Subianto yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/10/2024).

2 dari 5 halaman

Ketua Mahkamah Agung

  1. Prof. Dr. H. Sunarto, S.H., M.H. yang bertugas dan peran penting sebagai pemimpin tertinggi lembaga peradilan di Indonesia.

Utusan Khusus Presiden

Berdasarkan Keppres Nomor 76/M tahun 2024 tentang Pengangkatan Utusan Khusus Presiden RI tahun 2024-2029, berikut ini daftar Utusan Khusus Presiden yang telah dilantik hari ini, yakni:

  1. H. Muhamad Mardiono, B.A. dilantik sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Ketahanan Pangan
  2. H. Setiawan Ichlas dilantik sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Perbankan
  3. K.H. Miftah Maulana Habiburrahman, S.Pd. sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Kerukunan Beragama dan Pembinaan Sarana Keagamaan
  4. Dr. (HC.) H. Raffi Farid Ahmad dilantik sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni
  5. H. Ahmad Ridha Sabana, S.E., M.B.A., Ph.D. sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Ekonomi Kreatif dan Digital
  6. Prof. Mari Elka Pangestu, M.Ec., Ph.D. dilantik sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Perdagangan
  7. Hj. Zita Anjani, S.Sos., M.Sc. dilantik sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Pariwisata
3 dari 5 halaman

Penasihat Khusus Presiden

Berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 140/P Tahun 2024 tentang Pengangkatan Penasihat Khusus Presiden RI, berikut ini daftarnya:

  1. Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. dilantik sebagai Penasihat Khusus Presiden urusan Haji
  2. Prof. Ir. Purnomo Yusgiantoro, M.Sc., M.A., Ph.D. dilantik sebagai Penasihat Khusus Presiden urusan Energi
  3. Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, S.E., M.U.P., Ph.D. dilantik sebagai Penasihat Khusus Presiden urusan Ekonomi
  4. Jenderal TNI (Purn.) Prof. Dr. H. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. dilantik sebagai Penasihat Khusus Presiden urusan Pertahanan Nasional
  5. Letnan Jenderal TNI (Purn.) Prof. Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad(K) dilantik sebagai Penasihat Khusus Presiden urusan Kesehatan Nasional
  6. Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan dilantik sebagai Penasihat Khusus Presiden urusan Digitalisasi dan Teknologi Pemerintahan
  7. Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Wiranto dilantik sebagai Penasihat Khusus Presiden Politik dan Keamanan

Staf Khusus Presiden

Berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 75/M Tahun 2024 tentang Pengangkatan Staf Khusus Khusus Presiden RI, berikut ini publik figur yang dilantik:

  1. Yovie Widianto dilantik sebagai Staf Khusus Presiden
4 dari 5 halaman

Badan Penyelenggara Haji

Berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 144/P Tahun 2024 tentang Pengangkatan Kepala dan Wakil Kepala Badan Penyelenggara Haji, berikut ini daftarnya:

  1. K.H. Moch. Irfan Yusuf dilantik sebagai Kepala Badan Penyelenggara Haji
  2. Dr. Dahnil Anzar Simanjuntak, S.E., M.E. dilantik sebagai Wakil Kepala Badan Penyelenggara Haji

Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara

Berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 142/P Tahun 2024 tentang Pengangkatan Kepala dan Wakil Kepala Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara, berikut ini daftarnya:

  1. H. Muliaman Darmansyah Hadad, S.E., M.P.A., Ph.D. dilantik sebagai Kepala Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara
  2. Dr. Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang, M.Eng. dilantik sebagai Wakil Kepala Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara

Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan

Berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 145/P Tahun 2024 tentang Pengangkatan Kepala dan Wakil Kepala Badan Percepatan Penuntasan Kemiskinan, berikut ini daftarnya:

  1. Budiman Sudjatmiko, M.A., M.Phil. dilantik sebagai Kepala Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan
  2. Nanik Sudaryati Deyang dilantik sebagai Wakil I Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan
  3. Ir. Iwan Sumule dilantik sebagai Wakil II Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan
5 dari 5 halaman

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal

Berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 74/M Tahun 2024 tentang Pengangkatan Kepala dan Wakil Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal, berikut ini rinciannya:

  1. Dr. Haikal Hassan, S.T., M.T. dilantik sebagai Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal
  2. Dr. Ir. Afriansyah Noor, M.Si., IPU. dilantik sebagai Wakil Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal

Badan Pengendalian Pembangunan dan Investigasi Khusus

Berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 138/P Tahun 2024 tentang Pengangkatan Kepala Badan Pengendalian Pembangunan dan Investigasi Khusus, berikut ini daftarnya:

  1. Aris Marsudiyanto dilantik sebagai Kepala Badan Pengendalian Pembangunan dan Investigasi Khusus

Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas)

  1. Ace Hasan Syadzily sebagai Gubernur Lemhanas

Badan Gizi Nasional

  1. Lodewyk Pusung sebagai Wakil Kepala Badan Gizi Nasional