Sukses

Profil Ana Sofa Yuking Mantan Pengacara Paula Verhoeven, Lulusan S2 Hukum UI

Ana Sofa Yuking merupakan seorang pengacara kondang yang hubungannya dengan Paula hanya sebatas pengacara dan klien.

Liputan6.com, Jakarta Pengacara kondang Ana Sofa Yuking tengah menjadi perhatian. Sebelumnya adalah kuasa hukum Paula Verhoeven dalam kasus perceraiannya dengan Baim Wong, kini Paula diketahui mengganti pengacara.

Ditemui di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan pada Selasa (22/10/2024), Ana Sofa Yuking membeberkan kisah di balik gugatan cerai Baim Wong. Ana ungkap jika Paula masih ingin mempertahankan rumah tangganya dengan Baim Wong.

Paula memberikan kuasa kepada Ana pada bulan Mei 2024, di mana saat itu kondisi rumah tangga mereka sudah berada di ambang perceraian. Baim Wong kemudian gugat cerai Paula pada Oktober 2024.

"Proses konsultasi sudah berjalan, dan di bulan Mei, Paula memberikan kuasa kepada kami untuk membantu menyelesaikan masalah rumah tangga dengan Baim, yang saat itu sudah siap-siap untuk bercerai, namun Paula berharap waktu itu agar ini tidak terjadi, dan masih bisa diperbaiki, " katanya.

Ana Sofa Yuking sudah menangani banyak kasus artis Indonesia. Mulai dari kasus perceraian Paula Verhoeven hingga kasus anak kandung Rezky Aditya dari wanita bernama Wenny Ariani.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang profil Ana Sofa Yuking mantan pengacara Paula Verhoeven, Kamis (24/10/2024).

2 dari 4 halaman

Profil Ana Sofa Yuking

Ana Sofa Yuking merupakan pengacara kondang yang lahir di Tanjung Raja Giham, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan, Provisi Lampung pada Juli 1976. Ana merupakan anak dari pasangan H Yuking Raden Perdana dan Hj Nurhayati.

Ana Sofa Yuking merupakan lulusan Universitas Lampung (Unila) tahun 1998. Menilik dari laman LinkedIn-nya, Ana menyelesaikan studi S1-nya selama 5 tahun terhitung dari tahun 1993-1998.

Pada tahun 2002, Ana melanjutkan studi S2 di Fakultas Hukum, Universitas Indonesia (UI). Kala itu Ana Yuking bertekad untuk menyelesaikan kuliah S2-nya selama 1,5 tahun karena alasan ekonomi.

Ana Sofa Yuking memiliki seorang anak perempuan bernama Audrey Zeta yang lahir pada tahun 2007. Audrey yang merupakan finalis Gadis Sampul 2023 baru saja rayakan ulang tahunnya yang ke-17 pada Januari 2024 lalu.

3 dari 4 halaman

Karier Ana Sofa Yuking

Menilik dari Instagram pribadinya, Ana Sofa Yuking sudah berjuang menjadi lawyer pemula ketika ia masih studi S2 yakni sekitar tahun 2002. Diketahui kala itu usia Ana Yuking baru berusia 20-an tahun.

Pada tahun 2006, mantan pengacara Paula Verhoeven ini mendirikan kantor konsultan hukum dengan nama Yuking & Co Attorneys at Law. Kantor tersebut berlokasi di Pondok Indah Office Tower 5, Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Tahun 2024, Ana Sofa Yuking daftar menjadi caleg DPR RI dari Partai Golkar untuk Dapil II Lampung. Pada tahun 2009 lalu, Ana Yuking pernah ditawari menjadi caleg PDIP, namun memilih untuk menjadi advokat.

Pada tahun 2009 silam, Ana Yuking pernah menjadi tim hukum dan perundang-undangan PDIP. Foto lawas di masa itu pernah diunggah Ana Yuking di laman Instagramnya pada Maret 2023 lalu.

4 dari 4 halaman

Hubungan dengan Paula Verhoeven

Hubungan Ana Sofa Yuking dan Paula Verhoeven hanya sebatas pengacara dan klien. Saking dekatnya, keduanya sering habiskan waktu bersama. Bahkan Paula juga dekat dengan Audrey anak semata wayang Ana Yuking.

Membantu menyelesaikan kasus kliennya, Ana tentunya harus membangun hubungan yang baik agar kliennya dapat menceritakan kasus ataupun permasalahan yang sedang dihadapinya.

Ana memang sangat dekat dengan sederet publik figur Indonesia. Ana pernah mengikuti kajian musyawarah, yang di mana anggotanya adalah artis Indonesia mulai dari Dhini Aminarti hingga Shanty Purnamasari.