Sukses

Politik Uang Masih Marak, Aktivis Buka Posko di Banten

Pemilu 2014 masih menjadi ajang transaksi politik oleh sebagian politisi untuk meraih kekuasaan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilu 2014 masih menjadi ajang transaksi politik oleh sebagian politisi untuk meraih kekuasaan. Politik uang masih marak hingga musim kampanya pemilihan legislatif (Pileg) kali ini.

"Cara-cara instan untuk memperoleh kekuasaan masih banyak dilakukan oleh para politisi. Maka, kami fokuskan pemantauan pada 2 wilayah, money politics dan penggunaan fasilitas Negara. Ini diharapkan sebagai upaya menjaga kredibilitas pemilu," ujar Direktur Masyarakat Transparansi Anggaran (MATA) Banten, Fuaduddin Bagas di Posko Pemantauan dan Pengaduan Politik Uang, Ciceri, Kota Serang, Minggu (23/3/2014).

Untuk mengawal proses demokrasi yang jujur, adil, dan transparan serta taat hukum, MATA Banten bersama Indonesia Coruption Watch (ICW) melakukan pemantauan politik uang pada Pileg dan Pilpres 2014 yang sedang berlangsung dengan membuka posko pengaduan.

"Hasil pemantauan kami kumpulkan berikut kronologis dan barang bukti. Kemudian, setiap pelanggaran-pelanggaran yang ditemukan kami laporkan kepada pihak berwenang, yakni Bawaslu, agar temuan tersebut dapat diproses dan para pelaku pelanggaran diberikan sanksi sesuai hukum yang berlaku," ujar Bagas.

Pemantauan itu, lanjutnya, juga tidak hanya dilakukan terhadap peserta pemilu, melainkan juga terhadap penyelenggara pemilu itu sendiri. Karena, politik uang tidak hanya terjadi antara calon dengan pemilih. Tetapi juga berpotensi terjadi di tingkat penyelenggara seperti KPU maupun Panitia Pengawas Pemilu.

Di tempat yang sama, Koordinator Tim Pemantau Irwan Hermawan, mengatakan pihaknya selalu mengawasi selama 24 jam. "Pemantau kita menyebar di 8 kabupaten/kota di Banten, dengan kerja 24 jam dan dibekali ID card sebagai tanda pengenal," ujar Irwan Hermawa.

Dalam pemantauan politik uang ini, pihaknya melibatkan 15 orang dari berbagai organisasi kemahasiswaan serta melibatkan masyarakat sipil sebagai relawan di setiap daerah-daerah yang memiliki potensi terjadinya politik uang.

Pihaknya sudah melakukan identifikasi terhadap caleg-caleg nakal yang berpotensi melakukan politik uang. Di antaranya adalah caleg-caleg incumbent yang memanfaatkan anggaran negara, terutama caleg yang memiliki kekerabatan dengan kepala daerah atau birokrat lainnya.

"Masyarakat bisa bekerja sama menjaga integritas pemilu ini dengan melaporkan setiap pelanggaran yang terjadi ke posko pemantauan pemilu MATA Banten dengan nomor telepon 085945549294 atau via www.politikuang.net."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini