Sukses

Gairahkan Pemilih, TPS di Solo Bernuansa Piala Dunia

Ada TPS bernuansa Piala Dunia di kawasan Kadipiro, Solo, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Solo - Beragam cara dilakukan untuk mencegah angka golongan putih atau golput dalam pemilu tahun ini. Mulai dari sosialisasi pemilu hingga ajakan tolak golput. Tapi cara yang ditempuh warga Dukuhan Nayu, RT 02, RT 30, Kadipiro, Solo, Jawa Tengah. Mereka membuat tempat pemungutan suara atau TPS bernuansa Piala Dunia 2014.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (9/4/2014), TPS 86 itu bernama TPS Piala Dunia di Dukuhan Nayu, RT 02, RT 31, RT 30, Kadipiro, Solo. Ada sekitar 257 pemilih yang memberikan suaranya di TPS unik ini.

TPS tersebut didekorasi dengan beragam atribut peserta Piala Dunia. Mulai dari jersey peserta Piala Dunia hingga poster logo FIFA. Tak ketinggalan petugas TPS juga mengenakan kostum sepakbola. Tak ayal, ragam warna warni pun menghiasi tempat itu. Membuat pemilih tak merasa terhibur dengan dekorasi tempat ini.

Bahkan di tempat itu disediakan gawang dan bola plastik. Gawang itu bukan sekadar dekorasi TPS, tapi dimanfaatkan bagi para pemilih untuk memasukkan bola. Bagi pemilih yang sudah mencoblos dengan syarat jarinya ada yang bertinta maka dipersilakan memasukkan bola ke gawang.

Jika bola berhasil masuk ke gawang, maka akan mendapatkan doorprize. Kado kecil-kecilan itu berupa sabun, baju dan perlatan rumah tangga.

Ketua KPPS Kampung Nayu Sumarno Suryatmojo menjelaskan, konsep ini sengaja diambil untuk memanfaatkan pesta olahraga Piala Dunia yang sebentar lagi dimulai. "Selain itu juga bertujuan membuat konsep TPS yang unik dan menarik, sehingga bisa menggairahkan para warga agar memberikan suaranya. Jadi bisa menekan angka golput," jelasnya.

Dituturkan Sumarno, tema Piala Dunia diambil juga karena sejalan dengan prinsip yang diinginkan dalam proses politik, yakni prinsip fair play. "Lewat konsep ini kami mengharapkan para caleg menerapkan prinsip fair play seperti dalam sepakbola. Jadi mereka siap menang dan kalah," harap Sumarno. (Raden Trimutia Hatta)

Baca juga:

Unik! 2 WNA Ajak Warga ke TPS Naik Kereta Dorong
Pemilu Jadi Ajang Kumpul Warga Bantar Gebang
Bonsai Jutaan Rupiah Mejeng di Depan TPS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.