Sukses

Effendi Simbolon PDIP: Parpol Koalisi Harus Berideologi Jelas

PDIP tak mau sembarangan karena harus bersama dengan partai `berjenis kelamin` jelas atau berideologi jelas.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PDIP Effendi M.S. Simbolon mengatakan, partainya tengah menjajaki partai politik lain untuk urusan koalisi. Menurut Effendi, PDIP tak mau sembarangan karena harus bersama dengan partai `berjenis kelamin` jelas atau berideologi jelas.

"Mengenai komunikasi politik tentu lebih khusus pada partai searah dalam hal kedekatan ideologi. Kita juga nggak mau nggak jelas jenis kelaminnya, jelas dalam implementasi di pemerintahan. Kita kan ideologi Pancasila, kita akan gandengan tangan yang searah dengan ideologi itu," papar Effendi di Galeri Cafe, Jakarta, Kamis (10/4/2014).

Urusan koalisi, imbuh Effendi, tak akan melibatkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri secara langsung. Sementara, Puan Maharani akan lebih terjun ke lapangan dan menjalin lobi-lobi politik.

"Mbak Mega lebih melihat saja. Mbak Puan kan Ketua Bidang Antar-lembaga (PDIP), komunikasi juga terus. Kompromi politik tak melulu ada keputusan," terangnya.

Pada kesempatan ini pula, Effendi menjelaskan pentingnya menjaga komunikasi politik. Penjelasan itu pun bernada menyindir, seperti ingin membalas serangan kampanye negatif yang kerap dilayangkan kubu Partai Gerindra.

"Jangan komunikasi itu terputus, nanti terkunci, nanti buat kita saling curiga. Nanti timbul halusinasi dan nanti timbul-lah puisi-puisi. Kita ada etika, bisa bikin surat, tidak perlu bicara di Twitter. Kita harus edukasi diri kita sebelum kita edukasi masyarakat," pungkas Effendi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.