Sukses

Suara Demokrat Anjlok, Roy Suryo: Ajukan Cawapres Realistis

Menurut Roy, kondisi Partai Demokrat yang hanya bisa mengajukan diri mencalonkan cawapres menjadi hal yang memungkinkan.

Liputan6.com, Sleman - Berada di peringkat 4 atau 5 besar dalam hasil hitung cepat atau survei sementara perolehan suara secara nasional akan mempengaruhi pencapresan dari Partai Demokrat. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo yang juga salah satu kader Demokrat menyampaikan partainya akan mengumumkan hasil peserta konvensi pada akhir April ini.

"Insya Allah akan segera disampaikan akhir April, akan ada survei ke masyarakat siapakah dari hasil survei yang paling tinggi. Itu yang akan diusulkan," kata Roy kepada Liputan6.com saat meninjau lokasi pelataran Candi Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (11/4/2014).

Roy menjelaskan, pemenang dari konvensi Partai Demokrat belum tentu maju dicalonkan sebagai calon presiden atau capres 2014. Hal ini berkaitan dengan perolehan suara dari hasil survei Demokrat saat ini. Hasil survei tersebut membuat partai berlambang mercy itu akan sulit mengusung sendiri kandidat presiden dari Partai Demokrat.

"Perolehan itu kira-kira 9-10% itu hanya bisa untuk mengusulkan cawapres (calon wakil presiden). Mungkin capresnya ada usulan dari 3 partai pemenang, PDI Perjuangan, Golkar, dan Partai Gerindra," papar Roy.

Menurut Roy, kondisi Demokrat yang hanya bisa mengajukan diri mencalonkan cawapres menjadi hal yang memungkinkan. "Cawapres itu realistik (realistis) kok," jelasnya.

Ia juga belum mengetahui pasti partai mana yang akan dijadikan tempat untuk berkoalisi. Roy beranggapan masih membutuhkan waktu. "Itu butuh waktu," pungkas Roy. (Raden Trimutia Hatta)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.