Sukses

Kumpulkan Capres Konvensi, SBY Belum Tentukan Arah Koalisi

Peserta konvensi capres PD yakin SBY selalu membuka diri melakukan komunikasi dengan tokoh-tokoh nasional terkait Pilpres 2014.

Liputan6.com, Cikeas - Sebanyak 11 peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat berkumpul di kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Puri Cikeas, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat. Pertemuan dilakukan sebelum peserta konvensi menjalani debat terakhir pada Minggu 27 April mendatang.

Dalam pertemuan yang berlangsung sejak pukul 15.00 WIB itu, SBY masih belum menentukan sikap dan arah koalisi yang akan dibangun partainya jelang Pemilihan Presiden 2014.

"SBY belum menentukan sikap soal kepada siapa, poros baru, dan dengan siapa, itu urusan SBY," ujar salah satu peserta konvensi, Ali Masykur Musa di Cikeas, Jumat (25/4/2014) petang.

Tak hanya itu, Ali juga menegaskan bahwa hingga saat ini Partai Demokrat belum berkomitmen dengan partai lain. "Namun saya yakin, SBY selalu membuka diri melakukan komunikasi dengan tokoh-tokoh, kiai, dan sebagainya," kata Ali.

Sementara itu, mengenai pertemuan yang dilakukan hari ini, seluruh peserta konvensi kata Ali hanya mendengarkan SBY menyampaikan asumsi dan pikiran-pikiran usai pelaksanaan Pileg 2014.

Hingga kini Partai Demokrat memang tak begitu agresif menjalin komunikasi dengan parpol lain guna mencari rekan koalisi. Wasekjen DPP Partai Demokrat Andi Nurpati mengatakan, partainya masih mempertimbangkan 2 opsi. Pertama, mengambil jalan koalisi. Atau opsi kedua, membuat poros sendiri bersama partai lainnya.

"Pilihannya bisa 2 opsi, pertama langkah arah strateginya Partai Demokrat, yang saya tahu komunikasi politik berjalan dengan semua pimpinan partai politik. Strategi ke depan ya mengambil jalan koalisi," ujar Andi di Jakarta, Rabu 23 April lalu.

Bila berdasarkan hitungan politis, menurut Andi, kemungkinan untuk berkoalisi cukup besar. Ia pun melihat sejauh ini pihaknya telah melakukan komunikasi politik kepada 3 calon presiden yaitu Joko Widodo, Aburizal Bakrie dan Prabowo Subianto. Namun demikian, dari 3 capres itu, pihaknya belum menentukan.

Selain mengambil jalan koalisi, opsi kedua kata Andi yaitu membuat poros sendiri atau menggalang koalisi sendiri. Dengan membuat poros sendiri, Demokrat harus menggalang kekuatan dan mencari mitra koalisi yang mau mendukung pemenang konvensi sebagai calon presiden.

"Kalau opsi kedua yang dipilih, maka pemenang konvensi yang akan menjadi prioritas dengan partai lain dan jadikan peserta konvensi sebagai calon presiden yang akan maju pada Pilpres 2014," kata Andi. (Raden Trimutia Hatta)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.