Sukses

KPU Masuki Tahap Finalisasi Rekapitulasi Suara Nasional

KPU akan mengesahkan penghitungan suara di 7 provinsi, yakni Jabar, Sulbar, Bengkulu, Sumsel, Sulut, Malut, dan NTT.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua KPU Husni Kamil Manik menyatakan, semua data-data dari provinsi yang terlambat sudah masuk pendataan. Pada Jumat (9/5/2014) ini, KPU akan melakukan tahap finalisasi dan malam nanti akan diumumkan perolehan suara remsi tiap partai serta caleg.

"Rekapitulasi suara sudah selesai, 33 di tingkat provinsi sudah masuk database KPU, tinggal mendengar KPU provinsi yang diberi tugas untuk pencermatan, perbaikan dan penyempurnaan, apakah data yang masih ada berubah atau tak berubah," kata Husni di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (9/5/2014).

Hari ini KPU akan mengesahkan penghitungan suara di 7 provinsi, yakni Jawa Barat, Sulawesi Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan NTT. Selain itu, untuk penetapan ada Dapil masih tersisa 15 Dapil untuk caleg DPR dan 4 Dapil untuk caleg DPD.

"Dijadwalkan pukul 19.30 WIB selesai dan dibacakan hasilnya," imbuh Husni.

Komisioner KPU Sigit Pamungkas berjanji rekapitulasi tak akan berjalan molor dari jadwal yang sudah ditetapkan. Sebab, rekapitulasi tak berjalan dari awal.

"Dari provinsi yang belum ditetapkan tidak berangkat dari 0, mereka hanya melaporkan hasil rekomendasi pleno untuk perbaikan data. Karena hanya melaporkan, maka tidak akan ada perdebatan panjang. Pembahasan tak sedalam seperti awal. Insya Allah selesai, sebelum ayam jantan berkokok besok," pungkas Sigit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.