Sukses

Daftar Pemilih Sementara Pilpres Diumumkan KPU

Daftar pemilih tersebut nantinya akan direkap berjenjang. Mulai dari kelurahan/desa lalu ke tingkat kabupaten/kota, provinsi, lalu ke KPU.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum mengumumkan daftar pemilih sementara hasil perbaikan untuk pemilu presiden 2014. DPS tersebut untuk tingkat kelurahan/desa atau panitia pemungutan suara. KPU meminta peran aktif masyarakat untuk memantau.

"Masyarakat diharapkan memberi masukan," kata komisioner KPU Hadar Nafis Gumay, di Kantor KPU, Jakarta, Senin (12/14/2014).

Hadar menjelaskan, daftar pemilih tersebut nantinya akan direkapitulasi berjenjang. Mulai dari kelurahan/desa lalu ke tingkat kabupaten/kota, provinsi, kemudian ke KPU pusat. "Jadi kita akan punya daftar pemilih sementara hasil perbaikan seluruh Indonesia."

Hadar menuturkan, lembaganya akan mengumumkan daftar pemilih seluruh Indonesia itu secara nasional dan selanjutnya menunggu respons publik. KPU kemudian menetapkan dan mengumumkan daftar pemilih pilpres 2014 setelah mendapat masukan dari masyarakat.

"Kami akan perbaiki dan akan kami jadikan daftar pemilih tetap," tutur Hadar.

Ditanya apakah ada perubahan signifikan antara DPS pilpres dan pileg 9 April lalu, Hadar mengaku belum mengetahui karena masih ditetapkan di tingkat desa/keluruhan.

Namun, Hadar menerangkan, DPS pilpres otomatis berasal dari DPT pileg. Kemudian ditambah data pemilih pemula dari pemerintah sebanyak 3,1 juta dan daftar pemilih khusus atau tambahan pileg. "Itu digabung menjadi DPS untuk pilpres," ujar Hadar. (Yus)

Video Terkini