Sukses

Demokrat Serahkan Kursi Capres untuk Golkar

Demokrat akan menyodorkan peserta konvensi Capres Partai Demokrat sebagai cawapres.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan mengakui partainya membidik Sri Sultan Hamengkubwono X merupakan upaya untuk berkoalisi dengan Partai Golkar. Bila terwujud, Demokrat akan menyodorkan peserta konvensi Capres Partai Demokrat sebagai cawapres.

"Iya memang (cara membidik koalisi Golkar)," ujar Syarief di kantor DPP-PD, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Jumat (16/5/2014).

Kemudian, ketika ditanya kenapa memberikan kursi capres kepada Golkar jika berkoalisi, Syarief menjelaskan itu adalah konsekuensi. Karena Demokrat berkoalisi dengan partai yang memiliki perolehan suara lebih besar.

"Jika kami ingin berkoalisi dengan partai yang memiliki suara yang lebih besar dari Demokrat, capres kan untuk partai suara yang besar," kata Syarief.

Namun, Syarief menegaskan, bila memang berkoalisi dengan Golkar dan menetapkan peserta konvensi sebagai cawapres bukanlah suatu yang mubazir.

"(Mubazir) Nggak lah. Ini kan investasi jangka panjang. Ini investasi 2019," pungkas Menteri Koperasi dan UKM itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.