Sukses

Galang Dukungan Pemuda, Kawan Jokowi Dapat Donasi dari Pengamen

Dalam acara ini para relawan muda itu juga menggelar panggung orasi bagi anak muda.

Liputan6.com, Jakarta Tim relawan Kawan Jokowi pimpinan Diaz Hendropriyono --yang merupakan anak mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono-- menggelar peringatan Hari Kelahiran Pancasila di Kawasan Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta.  Acara tersebut sekaligus sebagai upaya untuk menggalang dukungan kaum muda, terhadap pasangan capres-cawapres nomor urut dua, Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

"Selain memperingati Hari Kelahiran Pancasila, kegiatan ini bertujuan membangun solidaritas bersama kesatuan anak muda, yang mendukung Jokowi-JK dalam bentuk kegiatan positif seperti olah raga dan menjaga kebersihan lingkungan," ujar Diaz di lokasi acara, Minggu (1/6/2014).

Kegiatan ini melibatkan sekitar seribu orang relawan muda dari berbagai kalangan. Selain gerak jalan bersama di ruas jalan saat kegiatan car free day atau hari bebas kendaraan, para relawan muda itu juga menggelar panggung orasi bagi anak muda yang ingin menyampaikan pesan perjuangan, terkait Hari Kelahiran Pancasila.

"Bagi kami ini penting dilakukan, karena nilai dalam Pancasila harus terus ditanamkan pada generasi muda dan penentu masa depan," ucap Diaz.

Terkait tim relawan yang dibentuknya, Diaz mengaku organisasi ini guna menjaring swing voters atau suara mengambang yang mayoritas dari pemilih kalangan pemula. "Mayoritas pemilih di Indonesia adalah anak muda yang jumlahnya sekitar 30%. Masa depan bangsa ini kelak ada di tangan kaum muda ini."

Dalam acara tersebut, sejumlah musisi jalanan yang biasa mengamen di kawasan sekitar Melawai dan Blok M turut memberikan sejumlah uang, dari hasil mengamen yang akan disumbangkan kepada Jokowi-JK. Sumbangan itu rencanya akan langsung disetorkan kepada satu dari tiga rekening donasi resmi milik Jokowi-JK.

"Sumbangan para pengamen ini merupakan bentuk sumbangan elemen masyarakat kecil, yang peduli nasib bangsa. Jokowi memberikan harapan kepada mereka, kalau ada perubahan yang dapat meningkatkan kualitas hidup mereka," ucap Diaz.
‎

Pada Pilpres 9 Juli mendatang, pasangan Jokowi-JK disokong 5 partai, yakni PDIP, Partai Nasdem, PKB, Partai Hanura, dan PKPI. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.