Sukses

Ribuan Masyarakat Ambon Gelar Doa Bersama untuk Pilpres Damai

Istigasah yang dipusatkan di Masjid Raya Al Fatah Ambon itu dipimpin salah satu tokoh setempat, Habib Rifqi Idrus Al Hamid.

Liputan6.com, Ambon - Sejumlah masyarakat menyambut Pilpres 9 Juli mendatang. Bukan hanya dukungan terhadap masing-masing kandidat yang mengalir, sebagian masyarakat juga mengkritisi dan berupaya mewujudkan kampanye dan Pilpres berjalan dengan damai.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (16/6/2014), salah satunya yang dilakukan umat muslim di Ambon, Maluku dengan menggelar istigasah dan doa bersama untuk kelancaran pelaksanaan Pilpres mendatang.

Istigasah yang dipusatkan di Masjid Raya Al Fatah Ambon itu dipimpin oleh Habib Rifqi Idrus Al Hamid. Doa bersama tersebut dihadiri ribuan jamaah dari unsur PNS, TNI-Polri, tokoh masyarakat dan ulama se-Kota Ambon.

Dalam acara istigasah kubra tersebut, hadir pula Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Rijali Ambon Dr Hasbullah Tousuta. Dalam sambutannya, Hasbullah mengingatkan agar masyarakat menggunakan hak pilihnya secara baik dan memilih pemimpin yang bisa menyejahterakan rakyat.

Sementara di Klaten, Jawa Tengah 450 dai atau juru dakwah melakukan ikrar Pilpres damai di hadapan sejumlah perwira polisi. Dai Kamtibmas yang digandeng Polres Klaten itu akan ikut berperan aktif menyukseskan jalannya pemilihan presiden 2014.

Selain aktif mengajak umat Islam untuk menggunakan hak pilihnya, dai Kamtibmas juga akan terus memberikan pencerahan kepada masyarakat, agar tidak mudah terpengaruh hasutan kelompok tertentu yang menyesatkan.

Meski demikian, dai Kamtibmas tetap diminta netral dan tidak akan memihak salah satu pasangan capres-cawapres manapun. Para dai juga diharapkan bisa menanggulangi maraknya isu kampanye hitam yang bisa memicu terjadinya keributan di masyarakat. (Rmn)