Sukses

Jokowi: Jangan Tanya Kabinet Gemuk atau Tidak... Kalau Saya Kurus

Jokowi tetap meminta ‎pertimbangan tim ahli yang selama ini banyak beri masukan kepadanya dan para ketua partai koalisi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo mengaku dirinya sampai saat ini masih belum menentukan siapa nama-nama dan tokoh yang akan membantunya dalam kabinet pemerintahannya setelah dilantik pada 20 Oktober 2014 nanti.

Menurut Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi, ‎penentuan kabinet pemerintahan mutlak menjadi hak prerogatif dirinya. Namun demikian, ia tetap meminta ‎pertimbangan tim ahli yang selama ini banyak memberi masukan kepadanya dan para ketua partai koalisi.

"Ya tentu saja saya diolah sesuai kriteria, diolah oleh tim. Kemudian setelah itu tim dengan partai pendukung, kemudian ke tim lagi. Finalisasi ada di saya," ujar Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (24/7/2014).

Siapa saja tim yang ia maksud? Jokowi mengaku tidak mau memberi tahunya. Sebab, ia takut bila tim yang banyak memberi masukan dalam penyusunan kabinet diumumkan di publik, maka akan dimanfaatkan oleh pihak yang mengincar jabatan tertentu.

"Nggak bisa saya sebutkan, nanti ada yang mendekati tim. Jangan detail-detail, nanti ada yang intervensi tim lagi, ndak boleh," tukas Jokowi.

Lalu, dengan komposisi 5 partai politik, apakah komposisi kabinet pemerintahannya nanti akan menjadi kabinet gemuk? Terlebih tidak hanya akan diisi oleh politisi partai, kabinetnya juga akan diisi oleh para tokoh profesional.

"Ini baru digodok. Kamu jangan tanya gemuk dan tidak gemuk. Kalau saya kurus," ucap Jokowi merujuk postur tubuhnya.

Baca juga:

Pram PDIP: Kabinet Kerja Jokowi-JK Berisi Profesional
Ditanya Kabinet, Jokowi: Baru Identifikasi Persoalan Bangsa
Program Kerja 100 Hari? JK: Belum...

(Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.