Sukses

Ramadhan Pohan Khawatir Eyang Subur Daftar Konvensi Capres

"Dijaring, dicari, bukan mendaftar, (kalau membuka pendaftaran) nanti semua orang daftar, Eyang Subur, dan sebagainya juga ikutan nanti."

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Ramadhan Pohan mengatakan partainya segera membentuk Komite untuk konvensi penjaringan calon presiden. Tugasnya mencari sosok yang pantas sebagai calon presiden, bukan membuka pendaftaran.

"Dijaring, dicari, bukan mendaftar, (kalau membuka pendaftaran) nanti semua orang daftar, Eyang Subur, dan sebagainya juga ikutan nanti," kata Ramadhan di Kompleks Gedung DPR, Jakarta, Selasa (9/8/2013).

Anggota Komite nantinya berjumlah 7 orang, yang didominasi dari luar partai. Demokrat akan mengumumkan susunan Komite ini pada akhir Agustus 2013.

Komite itu bertugas sebagai peninjau kepantasan tokoh, baik dari luar atau dalam partai, yang akan ikut dalam konvensi itu. Komite tidak membuka pendaaftaran untuk para calon yang akan ikut konvensi. Tapi mereka yang aktif mencari. "Komite ada 7 orang, mayoritas dari luar, 3 dari Demokrat," kata dia.

Saat ini, kata Ramadhan, Partai Demokrat sedang melakukan seleksi terhadap nama-nama yang akan menjadi anggota Komite itu. Pengumuman anggota Komite ini akan dilakukan Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau diwakili oleh Ketua Harian Syarief Hasan. "Akhir bulan depan sudah ketahuan," kata dia.

Ramadhan mengaku belum tahu siapa saja yang pantas ikut dalam konvensi capres Demokrat itu. Namun dia melihat Marzuki Alie merupakan tokoh dari internal Demokrat yang paling siap. Dia berharap dari internal partai ada nama lain yang maju, selain Ketua DPR itu. "Kalau di internal calonnya Marzuki doang sayang, tapi ya Komite yang menentukan," tutur Ramadhan. (Eks/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini