Sukses

LSI: Demokrat Kalah Pileg, Persaingan Pilpres Ketat

Ada 4 partai poros tengah yang sangat berpotensial untuk memperebutkan tiket capres 2014.

Menjelang Pemilu 2014, sejumlah wacana terus muncul di ranah politik. Juga prediksi yang akan terjadi pada pesta demokrasi tersebut.

Berdasarkan survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI), perebutan tiket calon presiden (capres) pada pemilihan presiden (Pilpres) 2014 akan semakin menarik apabila Partai Demokrat gagal menang pada pemilihan legislatif (Pileg). Dengan kata lain, jika partai berlambang mercy itu gagat meraup 15 persen kursi parlemen, maka pertarungan justru semakin ketat.

"Jika partai Demokrat gagal dapat 15 persen kursi parlemen, maka persaingan perebutan 1 tiket capres lainnya akan semakin kuat. Karena semua partai papan tengah berpotensial menyalip dan bertarung memperebutkan tiket pencapresan tersebut," kata peneliti LSI Ardian Sopa di Kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu (3/11/2013).

Ardian menjelaskan, ada 4 partai poros tengah yang sangat berpotensial untuk memperebutkan tiket capres 2014 mendatang, yakni, PAN, Gerindra, Nasdem, Hanura. Menurut dia, keunggulan dana dan ketokohan pemimpin serta akses media yang sangat kuat akan sangat mungkin untuk membalikkan hegemoni Demokrat.

Survei yang dilakukan LSI sendiri menggunakan metode sampling multi stage random sampling dari tanggal 12 September hingga 5 Oktober 2013 dengan jumlah responden 1.200 orang di 33 provinsi.

Wawancara terhadap responden dilakukan secara tatap muka menggunakan kuesioner dengan margin of error sebesar +/-2,9%. Survei sendiri dilengkapi dengan riset kuantitatif (FGD, Indepth dab analisis media). (Riz)

Video Terkini