Sukses

Amankan Pemudik, Polda Jabar Sebar Sniper di Titik Rawan

Selain itu, operasi ketupat juga akan digelar selama 16 hari yang dimulai dari 21 Juli sampai 4 Agustus 2014.

Liputan6.com, Bogor - Polisi Daerah (Polda) Jawa Barat terus melakukan persiapan-persiapan dalam menghadapi pengamanan arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah tahun 2014 ini. Sejumlah persiapan pengamanan dilakukan seperti akan menggelar operasi Ketupat Lodaya serentak di seluruh Jawa Barat.

Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol Rycko Amelza mengungkapkan, sebagai bentuk antisipasi intensif, Polda Jabar akan mengerahkan para penembak jitu (sniper) yang akan disebar di seluruh Kota dan Kabupaten se-Jawa Barat. Polda Jabar juga akan menurunkan dan menyiagakan para sniper.

"Penyiagaan sniper itu utamanya di jalur-jalur perbatasan dan lokasi titik rawan terjadinya aksi kejahatan diseluruh Jawa Barat sebagai bentuk antisipasi terhadap berbagai aksi kejahatan pada lebaran nanti," ungkap Rycko di Bogor, Selasa (15/7/2014).

Rycko menjelaskan, dalam pengamanan arus mudik lebaran, akan dilakukan juga kegiatan operasi ketupat yang akan digelar selama 16 hari. Dimulai dari 21 Juli sampai 4 Agustus 2014.

Sementara jumlah yang akan diturunkan untuk operasi ketupat itu sebanyak 32.739 personel. Terdiri dari unsur kepolisian 20.944, dan sisanya dibantu TNI, Pemda dan unsur elemen masyarakat lainnya.

Jumlah itu, kata dia, setara dengan kekuatan personil dalam pengamanan pilpres sebanyak 2/3 kekuatan atau sebanyak 20.944.

"Semua jalur yang digunakan para pemudik di seluruh Jawa Barat akan menjadi konsentrasi pengamanan, baik di wilayah selatan, timur, barat, utara, dan tengah. Selain itu, pengamanan juga akan dilakukan di lokasi-lokasi terjadinya perputaran ekonomi seperti di pusat perbelanjaan, pasar tradisional, dan lokasi berkumpul masyarakat lainnya," bebernya.

Kapolres Bogor Kota AKBP Bahtiar Ujang Purnama mengatakan, untuk pengamanan hari raya Idul Fitri, akan disiapkan sebanyak 11 pos pengamana dan 1 pos pelayanan yang akan ditempatkan di lokasi-lokasi strategis di seluruh Kota Bogor.

"Personel yang akan diturunkan sebanyak 1.300 untuk pengamanan lebaran nanti. Dalam pengamanan lebaran nanti, personel di lapangan juga akan dibantu pihak Satpol PP Kota Bogor dan unsur elemen masyarakat lainnya. Kami berharap situasi kondisi Kota Bogor tetap berjalan baik dan kondusif menjelang lebaran ini," pungkas Bahtiar.