Sukses

Cari Kebutuhan Lebaran, Datangi Saja Bazar Kemenperin Ini

Bazar Lebaran digelar selama empat hari, sejak 30 Juni – 3 Juli 2015 di Plasa Pameran Industri Kementerian Perindustrian, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi masyarakat yang membutuhkan keperluan Ramadan dan Lebaran, bisa mendatangi bazaar yang digelar Kementerian Perindustrian (Kemenperin) ini.

Bazar Lebaran digelar selama empat hari, sejak 30 Juni – 3 Juli 2015 di Plasa Pameran Industri Kementerian Perindustrian (Kemenperian), Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Bazar Lebaran ini menyediakan 63 stand gratis, dan diikuti sebanyak 78 peserta atau perusahaan yang menjual aneka produk makanan, minuman, kain, baju, busana muslim, perlengkapan rumah tangga, elektronik dan lain-lain.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, bila Ramadan tiba, Bazar Lebaran akan menjadi suatu kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat luas khususnya umat muslim sebagai persiapan untuk menyambut hari raya Idul Fitri,” kata Menperin Saleh Husin saat membuka Bazar Lebaran, Selasa (30/6/2015).

Kegiatan rutin tahunan itu menjadi salah satu bentuk kepedulian Kementerian Perindustrian agar masyarakat dapat dengan mudah memperoleh barang-barang keperluan Lebaran terutama bahan pokok dengan harga terjangkau. “Komoditi yang dijual dengan harga murah tersebut tetap memiliki kualitas yang terjaga,” ujar Menperin.

Setiap menyambut bulan Ramadan dan Lebaran, menurut Menperin, tren permintaan terhadap barang kebutuhan pokok terus meningkat seiring tradisi masyarakat merayakan Idul Fitri.

“Diperkirakan kenaikan konsumsinya mencapai 30 persen. Selain itu, sudah menjadi hukum pasar bahwa pada saat menjelang puasa dan Lebaran tiba, harga barang-barang konsumsi menjadi naik dikarenakan sisi permintaan yang meningkat,” ungkapnya.

Untuk memenuhi kenaikan permintaan tersebut, tidak cukup hanya mengandalkan ketersediaan stok, tetapi perlu didukung pendistribusian yang efisien. “Dari sisi industri siap memasok dan mendistribusikan secara cukup kebutuhan selama puasa dan Lebaran. Oleh karena itu, masyarakat diminta tidak perlu khawatir dalam menyetok kebutuhan Lebaran,” tegas dia.

Bazar Lebaran yang diselenggarakan kali ini merupakan kerjasama antara empat Direktorat Jenderal dengan Dharma Wanita Persatuan Kementerian Perindustrian. Empat Direktorat Jenderal tersebut yaitu Direktorat Jenderal Industri Agro, Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE), Direktorat Jenderal Industri Kimia, Tekstil dan Aneka (IKTA), serta Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menegah. (Nrm/Igw)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini