Sukses

NU dan Muhammadiyah Lebaran 2015 Bersamaan 17 Juli

Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin mengucapkan syukur alhamdulillah karena salat Hari Raya Idulfitri bisa dilakukan serentak.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengumumkan Lebaran 1 Syawal 1436 Hijriah jatuh pada Jumat 17 Juli 2015. Penetapan ini berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar bersama sejumlah ormas Islam dan para duta besar di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (16/7/2015) sore.

Selain sidang isbat, penetapan 1 Syawal ini juga berdasarkan hasil pemantauan hilal di sejumlah tempat di Indonesia.

Dengan penetapan ini, maka Lebaran tahun ini kompak antara pemerintah dan ormas Islam Muhammadiyah. Sebelumnya, Muhammadiyah telah lebih dulu menetapkan 1 Syawal 1436 Hijriah pada 17 Juli 2015.

Usai pengumuman 1 Syawal oleh Menag Lukman, Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin mengucapkan syukur alhamdulillah karena salat Hari Raya Idulfitri bisa dilakukan serentak oleh sebagian besar umat Muslim di Indonesia.

"Alhamdulillah Idulfitri kita rayakan bersama. Seluruh umat Islam di pelosok Tanah Air mari kita agungkan Idulfitri dengan mengumandangkan taqbir, Allahu akbar, Allahu akbar, Allahuabar...," seru Din. (Sun/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini