Sukses

Jalur Puncak Macet Hingga 8 Km Hari Kedua Lebaran

Petugas melakukan rekayasa lalu lintas dengan memberlakukan sistem satu arah atau one way system sejak pukul 08.30 WIB.

Liputan6.com, Bogor - Sehari setelah perayaan Idulfitri 1436 H, jalur wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat langsung diserbu wisatawan. Ribuan kendaraan yang didominasi plat B (Jakarta) sudah memadati Gerbang Tol Ciawi.

Pantauan Liputan6.com di Pos Polisi Gadog, kepadatan sudah terlihat sejak pukul 06.00 WIB. Antrean kendaraan mengular dari kilometer (KM) 40 sampai KM 48, tepatnya hingga Tanjakan Selaring, Kecamatan Megamendung.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, AKP Bramastyo Priyadji mengatakan, untuk mengurai kepadatan pada Lebaran kedua ini, pihaknya sudah melakukan rekayasa lalu lintas dengan memberlakukan sistem satu arah atau one way system sejak pukul 08.30 WIB.

"Di mana kendaraan dari arah Puncak menuju Jakarta ditutup sedangkan dari arah sebaliknya disatuarahkan. Tidak hanya itu, kendaraan dari arah Ciawi menuju Puncak juga kita tutup di Gadog," ungkap Bramastyo saat ditemui di Pospol Gadog, Sabtu (18/7/2015).

Bram menuturkan, untuk mengatur lalu lintas sepanjang jalur Puncak, pihaknya sudah menyiagakan 200 petugas yang terdiri dari 150 anggota Satlantas, dibantu 50 anggota Polsek.

"Rencananya penutupan akan selesai pada pukul 11.00 WIB nanti. Di mana terlebih dahulu akan dilakukan normalisasi arus, kemudia menutup kendaraan dari arah Jakarta dan membuka arus lalin dari arah Puncak menuju Jakarta," beber dia.

Pihaknya mengimbau kepada para pengendara agar tetap berhati-hati dan menjaga jarak aman setiap kendaraan. "Kemudian tetap mematuhi setiap rambu-rambu lalu lintas yang ada. Pasalnya, awal kecelakaan itu dari pelanggaran lalu lintas," pungkas Bramastyo. (Tnt/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.