Sukses

Program 1 Juz Gratis 2 Liter Pertalite Sepi Peminat

Selama Ramadan, sejumlah SPBU menggelar program mengaji dari pukul 06.00 - 18.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka bulan suci Ramadan, beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jakarta dan sekitarnya mengadakan promo khusus bagi warga Muslim. Seperti SPBU di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

SPBU tersebut menyelenggarakan program membaca 1 juz Alquran gratis 2 liter pertalite. Program itu sudah berjalan sejak hari pertama puasa, Senin 6 Juni 2016. Namun program tersebut sepi peminat.

"Ada aja sih peminatnya. Memang nggak begitu ramai, paling 2 sampai 3 orang tiap hari. Coba tanya ke pengawasnya aja," ujar salah satu karyawan SPBU, Amir, di lokasi, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (8/6/2015).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di lokasi, musala SPBU yang digunakan sebagai tempat membaca Alquran terlihat sepi. Hanya terlihat beberapa orang tengah tertidur di musala tersebut.

Terdapat setumpuk formulir dan brosur terkait program 1 juz gratis 2 liter pertalite di atas meja yang ada di musala. Namun tidak terlihat ada pengawas atau panitia yang berjaga di sana.

Program 1 juz ditukar 2 liter pertalite (Liputan6.com/ Nafiysul Qodar)

Sedikit warga tahu tentang program tersebut, meski pamflet besar terpasang di area SPBU. "Saya malah baru tahu kalau ada program begituan," ujar salah satu warga, Eko.

Namun pria paruh baya tersebut tetap tidak tertarik dengan program yang diselenggarakan PT Pertamina selama Ramadan itu. Pria yang berprofesi sebagai pengemudi ojek online ini mengaku tak memiliki banyak waktu untuk mengikuti program 1 juz gratis 2 liter pertalite.

"Lumayan sih ya, gratis Rp 15.000. Tapi nggak sempet ah. Saya nganter penumpang aja," tutur dia.

Bintang, salah satu warga lainnya mengaku kurang setuju dengan program tersebut. Menurut dia, sangat tidak elok ibadah mengaji ditukar dengan 2 liter pertalite. Program tersebut dapat mempengaruhi niat seseorang dalam beribadah membaca Alquran.

"Masak ibadah ditukar sama 2 liter bensin (pertalite), nggak ikhlas dong, pasti pamrih dong yang mengaji," ucap Bintang.

Pria itu pun tidak berniat sedikit pun untuk mengikuti program dalam rangka mewarnai bulan Ramadan ini. Bintang yakin, program tersebut tidak begitu efektif bagi warga Jakarta yang sebagian besar memiliki aktivitas yang cukup padat.

"Kalau bacaannya lancar, paling tidak 1 juz butuh waktu 20 sampai 30 menit. Orang pasti lebih memilih mengaji di rumah, sekalian bisa istirahat. Apalagi hanya ditukar dengan 2 liter pertalite," pungkas dia.


Program 1 juz ditukar 2 liter pertalite (Liputan6.com/ Nafiysul Qodar)

Terdapat 5 SPBU di Jakarta dan sekitarnya yang menyelenggarakan program 1 juz 2 liter pertalite. Program itu berlaku selama bulan Ramadan dari pukul 06.00 - 18.00 WIB.

Kelima SPBU itu antara lain: SPBU COCO 31.102.02 Abdul Muis, Jakarta Pusat, SPBU COCO 31.128.02 MT Haryono, Jakarta Selatan, SPBU COCO 31.129.02 Kuningan, Jakarta Selatan, SPBU COCO 31.134.02 Kalimalang, Jakarta Timur, dan SPBU COCO 31.171.01 Ahmad Yani, Bekasi.

Cara mengikuti program tersebut cukup mudah. Peserta diharuskan mendaftar dan mengisi formulir di musala SPBU tersebut. Peserta mengisi data diri berupa nama, alamat, nomor polisi kendaraan, nomor handphone, dan juz Alquran yang dibaca.

Setelah membaca 1 juz Alquran, peserta akan mendapatkan kupon dari petugas untuk ditukarkan dengan 2 liter pertalite. Kupon harus ditukarkan pada hari yang sama dan untuk kendaraan sesuai nomor polisi yang tertera.

Video Terkini