Sukses

Pemkot Bogor Siapkan 24 Liang Kubur bagi Pemudik Lebaran

Hal ini dilakukan sebagai antisipasi minimnya petugas atau penggali kubur yang libur saat Lebaran.

Liputan6.com, Bogor - Mengantisipasi kebutuhan liang lahat saat Lebaran, Pemerintah Kota Bogor menyiapkan 24 liang kubur di 8 tempat pemakaman umum (TPU) di wilayah Kota Bogor, Jawa Barat.  

Hal ini dilakukan sebagai antisipasi minimnya petugas atau penggali kubur karena libur saat Lebaran.

"Ada petugas yang siaga selama Lebaran, tapi penggali kubur sangat minim, karena itu disiapkan sebelum lebaran sebanyak 24 liang lahat," kata UPTD Pemakaman pada DKP Kota Bogor, Toto Guntoro, Jumat (17/6/2016).

Liang lahat disiapkan jika terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti korban meninggal akibat kecelakaan lalu lintas saat mudik, atau meninggal akibat lainnya.
 
Seluruh liang lahat disiapkan di delapan TPU, yaitu TPU Kayumanis, TPU Blender, TPU Dreded, TPU Cimahpar, TPU Mulyaharja, TPU Situ Gede, TPU Cipaku, dan TPU Gunung Gadung. "Masing-masing TPU disediakan 5 liang lahat," ujar dia.

Setiap Lebaran, lanjut dia, ada warga maupun pemudik yang meninggal. "Tahun lalu ada dua yang terpakai dari 40 liang lahat yang disiapkan," ujar Toto.

Selain bagi pemudik, DKP juga menyiapkan liang lahat bagi anak jalanan tanpa identitas yang meninggal saat Lebaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.