Sukses

Jemaat Gereja di Purwakarta Bagi-bagi Takjil Gratis untuk Berbuka

Menu yang dibagikan mulai dari berbagai jenis minuman bercampur es hingga gorengan yang dikemas dalam wadah.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadan sebagai bulan keberkahan banyak digunakan berbagai kalangan untuk melakukan kegiatan sosial. Tak terkecuali Jemaat Gereja Sidang Pantekosta Indonesia (GSPDI) di Jalan Veteran Gang Kemuning, Purwakarta, Jawa Barat yang menyediakan hidangan berbuka puasa atau takjil gratis.‬

Kegiatan itu dilakukan jemaat gereja saban sore menjelang azan magrib sepanjang Ramadan ini. Menu yang dibagikan mulai dari berbagai jenis minuman bercampur es hingga gorengan yang dikemas dalam wadah. Selanjutnya, takjil yang sudah disiapkan dibagikan di pinggir jalan di sekitar gereja.

"Tujuan kami ingin membangun kebersamaan dan tali persaudaraan dengan saudara-saudara kita umat muslim. Walaupun kita berbeda agama, berbeda kepercayaan, tapi adalah saudara satu bangsa, satu Tanah Air," kata salah seorang jemaat Gereja GSPDI bernama Veronica Nusa yang ditemui saat menyiapkan takjil gratis, Jumat (17/6).

Para pengguna jalan yang melintas kemudian satu per satu mengambil takjil yang dibagikan jemaat gereja ini.

"Ini bagus, sebagai bukti kebersamaan. Bagusnya dari muslim harus bisa seperti ini kalau ada hari besar mereka," ujar salah seorang pengguna jalan bernama Aceng yang ikut menyantap takjil yang dibagikan.

Pihak gereja sendiri menyatakan kegiatan tersebut baru dilakukan pertama kali pada Ramadan tahun ini. ‪"Kebetulan baru hari ini kami ikut membantu saudara-saudara kami yang hendak berbuka puasa dengan takjil," ujar Veronica.‬

‪Meski begitu, ia mengatakan di luar bulan puasa, jemaat GSPDI rutin membagi-bagikan makanan saat malam hari.‬ ‪"Kalau di luar bulan puasa mah sering," jelas dia.‬

Veronica juga mengatakan jemaatnya ingin turut membantu sesama warga Purwakarta berbuka puasa meski ala kadarnya.‬

‪"Minimal bisa dilakukan seminggu dua kali, agar bisa membantu saudara-saudara kita yang akan berbuka puasa," pungkas Veronica.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.