Sukses

81 Persen Pengguna Internet Berbelanja Online Ramadan Tahun Ini

UC Browser mengumumkan Traffic eCommerce selama Ramadan meningkat 53 persen. 81 persen di antaranya merupakan pengguna aktif.

Liputan6.com, Jakarta - UC Browser, mobile browser yang merupakan produk dari Alibaba Group, mengumumkan traffic e-commerce selama bulan Ramadan telah meningkat 53 persen.

Traffic ini sejalan dengan hasil survei UC Browser pada bulan Ramadan yang mana 81 persen pengguna mobile internet di Indonesia mengunjungi situs belanja online setidaknya satu kali dalam empat minggu terakhir, dan setengah dari responden mengakses website ecommerce lebih dari tiga kali per hari.

“Traffic ke situs B2C seperti Lazada dan marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak meningkat pesat di bulan Ramadan ini, tiga faktor utamanya adalah diskon besar, situs belanja yang terpercaya dan pembayaran yang aman,” ujar Kenny Ye, GM of Global Markets, Alibaba mobile business group.

Menurut We Are Social, Indonesia merupakan satu dari lima besar pasar media sosial di dunia dengan 30% masyarakatnya adalah pengguna aktif media sosial.

Masyarakat Indonesia terhubung dengan teman dan keluarganya melalui Facebook, Twitter, Instagram, dan media sosial lainnya. Mereka juga menerima dan reaktif terhadap apa saja yang di-share oleh lingkup terdekatnya. Ini dapat dibuktikan dari 17 juta share hanya dalam waktu 11 hari dari gun interaktif html5 “Tukar 5 Kartu Dengan Motor Ninja” yang dibuat oleh UC Browser.

Selain itu, berdasarkan survei UC Browser, 83% dari online shopper mulai berselancar ke situs online shopping sebelum minggu ketiga dan juga minggu terakhir bulan Ramadan yang mana biasanya mal-mal menggelar night sale.

Di antara berbagai platform eCommerce, Lazada, Tokopedia dan Bukalapak menjadi tiga situs belanja online yang paling populer di kalangan responden pada bulan Ramadan ini.

(Jek)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.