Sukses

Ini Jadwal Awal Puasa di Negara-Negara Timur Tengah

Berikut jadwal awal puasa di negara-negara Timur Tengah

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menyatakan awal Ramadan, umat Muslim menggunakan kalender Hijriah serta berpatokan pada penampakan bulan.

Kalender Lunar yang digunakan untuk penentuan waktu berpuasa, berlangsung antara 29-30 hari, tergantung pada penampakan bulan pada malam ke-29 setiap bulannya. Jika bulan tidak terlihat, akan digenapkan menjadi 30 hari.

Awal Ramadan di Negara-Negara Timur Tengah

Dilansir dari Aljazeera, pemerintah di negara Mesir, Yordania, Oman, Nigeria, Pakistan, dan Afrika Selatan. masih belum menentukan Ramadan apakah pada Sabtu atau Minggu. Hal ini masih tergantung pada pengamatan bulan pada Jumat.

Sedangkan negara Irak, Yaman, Turki, dan Lebanon telah memastikan hari Sabtu sebagai hari pertama Ramadan. Sementara Arab Saudi, Qatar, Kuwait, dan Uni Emirat Arab telah melakukan pengamatan pada Kamis malam (25/5/2017).

Namun, mereka tidak dapat melihat bulan dan akan berkumpul kembali pada hari Jumat untuk mengumumkan awal Ramadan. Terbaru, Arab Saudi memutuskan awal puasa jatuh pada hari Sabtu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.